Virus Ebola/Istimewa
Health

Wabah Ebola Merebak di Kongo, WHO Gelar Emergency Committee

Putri Salsabila
Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan emergency committee,

Tujuannya  untuk memutuskan apakah wabah Ebola Kongo menjadi darurat dalam kesehatan masyarakat dan menjadi perhatian internasional sebagai kasus yang mengakibatkan kematian.

Komite ahli mungkin akan membuat rekomendasi untuk mengelola wabah itu, seperti yang telah dideklarasikan pada 1 Agustus. Wabah ini telah memburuk dengan risiko penyebaran virus  dari Republik Demokrasi Kongo bagian timur ke dalam Uganda dan Rwanda.

Kementerian Kesehatan Kongo mengatakan pada hari Senin bahwa dalam dalam seminggu terakhir sudah ada 33 orang yang dikonfimasi dengan virus Ebola dan 24 di antaranya meninggal. Demikian seperti dikutip Reuters.

Kementerian Kesehatan Kongo mengatakan kasus terakhir di konfirmasi antara 8 dan 14 Oktober 2018.

 Lebih dari 200 kasus dugaan demam berdarah yang mematikan telah dilaporkan karena wabah ini, sementara sekitar 130 orang telah meninggal sejak Juli. 

Ebola menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh korbannya. Kementerian kesehatan mengatakan 73 pasien telah menerima perawatan eksprerimental baru. Diantara mereka, lebih dari setengah pulih, 20 orang masih di rumah sakit dan sisanya meninggal.

Seorang tukang ledeng yang bekerja di PBB di Kongo timur dikonfirmasi telah terjangkit Ebola pada hari Jumat, kasus ini adalah kali pertama pekerja PBB terjangkit penyakit selama wabah ini ada.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Putri Salsabila
Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro