Ilustrasi/Popsugar
Relationship

10 Alasan Penting Mengembangkan EQ Demi Karier

Tika Anggreni Purba
Selasa, 13 November 2018 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak orang terlalu fokus mengembangkan kemampuan intelegensinya, tetapi melupakan kecerdasan emosional atau emotional equation (EQ). Padahal kecerdasan emosional sangat penting untuk dikembangkan, khususnya dalam berkarier.

Inilah 10 alasan mengapa EQ itu penting dalam karier dikutp dari www.psychologytoday.com:

1. Karakter kepempimpinan sangat dibutuhkan

 Hasil survei Gallup pada tahun 2015 mengatakan bahwa hanya 10% dari karyawan dalam sebuah bidang pekerjaan yang memiliki talenta untuk menjadi pemimpin yang hebat, padahal perusahaan sangat membutuhkan itu.

 2. Karakter menentukan kinerja tim

Suasana hati dan temperamen seseorang umumnya mempengaruhi orang lain yang bekerja bersamanya. Seseorang yang tidak memiliki kecerdasan emosional yang baik sulit mempengaruhi anggota timnya.

 3. Semakin tinggi jenjang karier, semakin diperlukan EQ

Faktor penting yang sangat mempengaruhi karier seseorang adalah tingkat EQ-nya. Semakin baik EQ, semakin tinggi kesempatan untuk sukses.

 4. Kecerdasan emosional mempengaruhi kinerja

Di zaman serba cepat ini orang menginginkan hal yang cepat sehingga sering mencari jalan pintas. Namun, jalan pintas itu bikin hasilnya tidak maksimal. Dengan EQ yang baik, seseorang akan tetap bekerja sesuai jalurnya, hasilnya tetap maksimal dan tepat waktu.

5. Untuk naik level, butuh kesadaran akan blind spots

Banyak pekerja yang tidak sadar kalau dalam jenjang kariernya ia memiliki titik lemah yang disebut blind spots. Ia merasa sudah berada di posisi tinggi, padahal sama sekali belum. Hanya orang dengan EQ yang baik yang dapat mengenali titik lemahnya.

 6. EQ bikin produktif

Orang dengan EQ yang baik umumnya memiliki kompetensi yang baik pula dalam bekerja. Semakin baik EQ, semakin baik pula produktivitas kerjanya.

 7. Keputusan terbaik berdasar pada EQ

EQ akan membedakan kualitas seseorang dengan orang lain, khususnya dalam mengambil keputusan. Dasar dari pengambilan keputusan adalah EQ yang baik. Orang dengan kecerdasan emosional yang baik, umumnya mengambil keputusan dengan bijaksana, sekalipun dalam situasi genting.  

8. Lebih dipercaya

Tulus dan bersih adalah karakter seseorang yang memiliki EQ yang baik. Mereka mudah bergaul dan diterima oleh orang lain.

 9. Menjadi teladan

Orang dengan kepemimpinan yang baik umumnya menjadi teladan. Secara tidak langsung ia menjadi pemimpin yang menghasilkan pemimpin.

10. Kesempatan karier terbuka luas

Orang-orang yang dikenal karena kecerdasan emosionalnya umumnya mudah dipromosikan. Tidak hanya karena dia adalah seorang pemimpin yang baik, ia juga mampu memilih orang yang tepat dalam timnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro