Buku pemikiran Mohammad Hatta/Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Referensi

Mendikbud: Mohamad Hatta Memiliki Perspektif Ilmu Pengetahuan Sangat Lengkap

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 13 November 2018 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggambarkan bahwa sosok Mohammad Hatta adalah anak bangsa yang memiliki pengetahuan sangat lengkap.

"Saya punya pengalaman intelektual sendiri dengan beliau yaitu dalam disertasi saya, kebetulan saya menulis tentang militer ternyata letak dasar profesionalisme Indonesia itu Mohammad Hatta," tutur Muhadjir.

Hal itu disampaikannya dalam sambutannya pada acara peluncuran 10 seri buku berjudul "Karya Lengkap Bung Hatta",  di Kemendikbud, Senayan,

Mendikbud: Mohamad Hatta Memiliki Perspektif Ilmu Pengetahuan Sangat Lengkap
Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Muhadjir melanjutkan, militer Indonesia berdiri dari pemikiran Bung Hatta yang meluncurkan kebijakan rasionalisasi militer tahun 1949.

"Itulah yang sebetulnya mendasari perkembangan TNI yang pada akhirnya harus membuat pilihan untuk menjadi TNI profesional itu, ini yang mungkin tidak banyak diketahui,"lanjutnya.

Muhadjir mengatakan seandainya waktu itu Bung Hatta tidak mengambil langkah berani untuk melakukan rasionalisasi militer kemungkinan Indonesia pascamerdeka dapat terjadi perang saudara.

"Karena masing-masing gerombolan dan laskar itu memiliki senjata yang tidak kalah bagusnya dengan tentara republik, bahkan ada laskar yang memiliki senjata yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang dimiliki tentara republik waktu itu, yaitu Pesindo, yang kemudian mengilhami pemberontakan tahun 1948 di Madiun," jelasnya.

Jadi, rasionalisasi militer yang diprakarsai Mohammad Hatta adalah pilihan sangat tepat untuk menata Indonesia lebih baik.

"Bayangkan, waktu itu laskar hisbullah saja jumlahnya 500.000, belum lagi gerombolan-gerombolan termasuk penjahat-penjahat kriminal juga ikut membuat tentara untuk memperjuangkan kemerdekaan dan itu tetap saja sangat berbahaya kalau tidak segera diadakan penertiban," kata Muhadjir.

10 Seri Buku "Karya Lengkap Bung Hatta" merupakan kumpulan dari 800 karya tulis Bung Hatta yang diterbitkan oleh LP3ES. Buku ini juga mendapatkan dukungan kerja sama antara Perhimpunan Indonesia untuk Pengembangan Ekonomi dan Sosial (Bineksos) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro