5 Persepsi Salah tentang Jerawat yang Dipercaya Banyak Orang

berikut lima mitos atau persepsi salah tentang penyebab munculnya jerawat;
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 27 November 2018  |  11:07 WIB
5 Persepsi Salah tentang Jerawat yang Dipercaya Banyak Orang
Jerawat - pixabay

Bisnis.com, JAKARTA – Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering mengganggu bagi para perempuan.

Kehadiran jerawat di wajah terkadang membuat tidak nyaman. Adanya jerawat baik di bagian wajah maupun tubuh Anda merupakan hal yang wajar. Namun, ada mitos-mitos atau persepsi umum yang salah tentang jerawat, dan diyakini oleh banyak orang.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut lima mitos atau persepsi salah tentang penyebab munculnya jerawat;

Jerawat muncul karena kurang menjaga kebersihan

Faktanya, benar jerawat bisa muncul karena pori-pori Anda tersumbat. Namun pada kenyataannya pori-pori Anda tidak tersumbat karena kotoran dari luar namun karena ekstra sebum yang dihasilkan oleh kulit Anda sendiri. Jadi, meskipun Anda sering membersihkan muka atau badan, hal tersebut tidak dapat mencegah munculnya jerawat di bagian tubuh Anda.

Malah, jika Anda terlalu sering membersihkan diri maka hal itu akan membuat kulit Anda menjadi kering dan dapat menyebabkan lebih banyak sekresi sebum pada kulit sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

Jerawat tak perlu diobati dengan cara medis

Faktanya hal ini adalah sesuatu yang harus kita sadari. Jerawat yang normal dapat diobati melalui pengobatan rumahan atau alami tetapi jerawat yang parah membutuhkan perhatian medis.

Jika tidak diobati sesegera mungkin, hal tersebut dapat menyebabkan masalah perawatan kulit yang parah termasuk munculnya rasa gatal, bernanah, keluarnya darah, peradangan kulit dan sebagainya.

Apakah Anda tahu bahwa jerawat dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda juga? Ya, munculnya jerawat berlebih dapat memicu hadirnya rasa cemas dan rasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, jika Anda merasa bahwa masalah jerawat Anda menimbulkan efek seperti itu maka sangat disarankan agar Anda datang ke dokter kulit atau dokter kecantikan untuk menghilangkannya.

Terlalu sering menggunakan make up

Faktanya Jerawat Make-up bukan menjadi penyebab munculnya jerawat. Namun, jika Anda tidak merawat kulit Anda setelah menggunakan make up maka itu hal tersebut mungkin akan jadi penyebab munculnya jerawat.

Contoh penggunaan make up yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di antaranya menggunakan produk make-up yang sudah kadaluwarsa, tidak membersihkannya make up dengan benar dan lain sebagainya.

Memecahkan jerawat solusi terbaik

Ketika jerawat muncul di wajah Anda, Anda pasti akan tergoda untuk meletuskan si jerawat untuk menyingkirkannya. Tapi hal tersebut akan berdampak negatif bagi Anda.

Jika Anda memecahkan jerawat, maka hal tersebut dapat membuat peradangan kulit meningkat dan menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

Sinar matahari dapat mengurangi munculnya jerawat

Faktanya, jerawat berhubungan dengan peradangan pada kulit dan ada kemungkinan bahwa terkena paparan sinar matahari dapat mengurangi peradangan.

Akan tetapi, hal tersebut hanya akan berefek sementara. Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memecah kolagen yang merupakan obat alami untuk membuat kulit Anda menjadi kuat. Apabila kulit Anda kehilangan kolagen maka itu justru akan membuat jerawat Anda tumbuh subur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, jerawat

Sumber : https://www.boldsky.com/beauty/skin-care/2018/5-most-common-myths-about-acne/articlecontent-pf202974-126710.html

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top