Ilustrasi/Reallyree
Fashion

Hari Terbaik untuk Mencuci Rambut Menurut Penganut Hindu

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 27 November 2018 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang memiliki keyakinannya masing-masing untuk menganut agama tertentu. Tradisi-tradisi tertentu juga terdapat di kalangan penganut agama tersebut.

Salah satunya adalah tradisi mengenai rambut di kalangan penganut agama Hindu. Dilansir Boldsky.com, sebagai contoh, ajaran di kalangan penganut Hindu melarang kaum laki-laki bercukur pada Kamis dan Sabtu.

Ada juga kepercayaan bahwa pada Kamis, penganut agama hindu tidak diperbolehkan mencuci rambut dan bajunya.

Banyak tradisi tentang mencuci rambut yang unik di kalangan penganut agama Hindu, terutama kaum perempuan. Apa saja? Berikut ulasannya:

Selasa

Menurut banyak kepercayaan tentang mencuci rambut, para penganut agama Hindu terlarang melakukannya pada hari Selasa. Aturan ini lebih berlaku pada mereka yang dipengaruhi oleh Mars (Mangal). Jadi, untuk menenangkan efek Mangal yang berat, orang-orang Hindu tidak mencuci rambut mereka pada hari Selasa.

Rabu

Seorang ibu dari satu anak laki-laki tidak boleh mencuci rambutnya pada hari Rabu. Apabila dilakukan, hal itu akan berdampak pada anak lelakinya terutama dalam hal kesehatan. Selain itu, keyakinan lain adalah bahwa wanita yang baru menikah harus mencuci rambut pada hari Rabu untuk mendapatkan bayi laki-laki. Keyakinan ini diikuti di banyak orang di berbagai daerah India.

Kamis

Kaum perempuan di India sangat percaya bahwa mencuci rambut pada hari Kamis dapat menghilangkan berkah dari Brihaspati dan Dewi Lakshmi. Berjah untuk rumah akan sirna dan hal tersebut berisiko membuat penghuninya jatuh miskin.

Sebenarnya, keyakinan ini muncul terkait kisah seorang perempuan kaya yang mencuci rambutnya setiap Kamis dan dia kehilangan semua asetnya secara bertahap.

Selain mencuci rambut, mencuci pakaian pada hari Kamis dianggap tidak menguntungkan.

Sabtu

Ada beragam mitos dalam agamaHindu tentang mencuci rambut pada hari Sabtu.

Dalam agama Hindu, beberapa orang percaya bahwa mencuci rambut pada hari Sabtu itu baik karena membantu menurunkan efek Sade Sati.

Selain itu, kepercayaan lain mengatakan bahwa mencuci rambut pada hari Sabtu dapat mengganggu Shani Dev (Dewa Saturnus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : https://www.boldsky.com/yoga-spirituality/faith-mysticism/2013/beliefs-about-hair-wash-in-hinduism/articlecontent-pf202766-036636.html
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro