Tips Mengelola Keuangan A la Ekonom Aviliani

Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan dalam mengelola keuangan. Namun, yang utama adalah memisahkan kebutuhan dengan keinginan agar pengeluaran tidak membengkak.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 27 November 2018 22:26 WIB
Ekonom senior Aviliani berpose usai mengikuti trunk show "Colaboration" di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018). - Bisnis/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan dalam mengelola keuangan. Namun, yang utama adalah memisahkan kebutuhan dengan keinginan agar pengeluaran tidak membengkak.

Apalagi, jika Anda memiliki tujuan jangka panjang. Selain harus disiplin menjaga pengeluaran, Anda juga bisa menabung dan berinvestasi.

Ditemui usai menjadi Muse untuk MeLookmel pada acara trunk show "Celebration" Fashion Legacy, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018), ekonom Aviliani memberikan tips mengelola keuangan a la dirinya.

"Pertama, kita harus tahu jumlah bersih dari penghasilan kita [per bulan]," tuturnya.

Kedua, Anda harus tahu jumlah uang yang ingin ditabung atau disimpan dan berapa total jumlah pengeluaran rutin untuk kebutuhan rumah tangga dalam sebulan.

"Sisanya, boleh kita gunakan untuk yang lain-lain. Contohnya, minimal 20% untuk tabungan, sisihkan sekitar 10% untuk investasi, sisanya bisa digunakan [untuk kebutuhan sehari-hari]. Kalau ada [sisa lebih] ya bisa kita tabungkan kembali," tambah Aviliani.

 

Tag : tips keuangan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top