Menkes: Suasana dan Pelayanan Rumah Sakit Harus 'Friendly'

Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek mengatakan sangat penting bagi rumah sakit untuk memberikan pelayanan dan membangun suasana rumah sakit yang friendly.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 28 November 2018 22:11 WIB
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek (kanan) saat memberi arahan pada Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit ke-4, di Mercure Convention Center Ancol, Rabu (28/11/2018) malam. - Bisnis/Nur Faizah

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek mengatakan sangat penting bagi rumah sakit untuk memberikan pelayanan dan membangun suasana rumah sakit yang friendly.

Hal tersebut disampaikan Nila saat memberikan arahan pada Konferensi Nasional Promosi Rumah Sakit Ke 4 di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam (28/11/2018).

Nila menilai pasien yang datang untuk berobat ke rumah sakit akan merasa senang apabila rumah sakit dalam kondisi yang bersih.

"Bau [lantai] nya bukan bau karbol, jadi enak sekali [kalau datang ke rumah sakit]," kata Nila.

Nila mengatakan akan sangat menyenangkan apabila dirinya sebagai pasien datang dengan disambut pelayanan rumah sakit ramah dan suasana rumah sakit yang lebih friendly.

"Mungkin kita datang ada toko bunga, ada swalayan, ada kantin sehat rumah sakit, jadi kita memang mengharapkan suatu rumah sakit yang [suasana dan pelayanannya] baik," lanjutnya.

Nila sendiri mengisahkan pengalamannya saat masih menimba ilmu di Jepang, dia pernah diajak berkunjung ke sebuah rumah sakit yang berdiri di kota Kobe, dan dia merasa terkejut.

"Begitu masuk [rumah sakit] di lobby ada piano yang besar, dan ada anak [pasien] yang sedang bermain piano," tuturnya.

Nila terharu karena anak yang bermain piano tersebut ternyata seorang penyandang tunanetra.

"Tapi dia bermain piano [dengan senang]. Jadi [itu] memperlihatkan keadaan rumah sakit yang begitu damainya, tidak menakutkan," ujarnya.

Sehingga, dia berharap fasilitas rumah sakit di Indonesia ke depannya bisa mengambil contoh fasilitas friendly yang sudah terimplementasi di rumah sakit luar negeri.

"Saya rasa perlu. Ini bagus sekali [untuk dicontoh karena] menyebabkan kita yang datang tidak stres ataupun yang sakit menjadi tidak stress," ujarnya.

Lebih lanjut saat ditemui usai memberikan paparan, Nila menyampaikan selain fasilitas rumah sakit yang friendly, para tenaga kesehatan juga diharapkan Nila bisa memberikan efek nyaman terhadap pasien tepat ketika dia tiba di rumah sakit.

"Kalau kita sakit, ke rumah sakit itu [perasaannya] sudah panik, jadi itu perlu [memberikan pelayanan yang ramah] untuk menenangkan, bukan hanya dokter, perawat, pihak administratif [rumah sakit, harus bisa] berkomunikasi dengan baik [dengan pasien]," katanya.

Tag : kesehatan, rumah sakit, menkes
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top