Prof Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. usai mengisi acara Seminar Awam Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Android 'Apa Kata Dokter' di Ruang Senat FKUI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018)./Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Health

Buang Air Besar Berdarah? Bisa Jadi Anda Tengah Mengidap Kanker Usus

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 6 Desember 2018 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar masyarakat sering beranggapan saat buang air besar dan berdarah merupakan salah satu tanda mengidap penyakit ambeien atau wasir, dan cenderung tidak memperdulikannya. Padahal, itu bisa menjadi pertanda Anda tengah mengidap penyakit kanker usus besar.

"Jangan [berpikir seperti itu], buang air besar berdarah itu tidak selalu ambeien," tutur Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam saat mengisi acara Seminar Awam Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Android 'Apa Kata Dokter di Ruang Senat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Ari menjelaskan 45% kasus buang air besar terjadi karena adanya indikasi penyakit ambeien atau wasir dan kemungkinan terjadinya kanker usus besar sekitar 9%. "Itu kan chance-nya cukup besar, kalau ada 10 orang buang air besar kemungkinan satu orang di antaranya terkena kanker, yang lainnya radang sekitar 20%," jelasnya.

Dia melanjutkan buang air besar berdarah menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak baik terjadi di dalam tubuh kita sehingga dia menyarankan agar untuk segera pergi ke dokter guna mengetahui penyebabnya. "Ketika sudah dipastikan sama dokter bahwa ini [bab berdarah] adalah ambien ya sudah selesai," katanya.

Ari memberikan contoh mudah untuk mengetahui apakah buang air besar berdarah menunjukkan adanya indikasi penyakit dalam tubuh Anda. "Misalnya dia BAB keras sekali terus memaksakan [untuk dikeluarkan], terus berdarah, nah itu mungkin karena itu [terlalu mengejan], tapi kalau dia BABnya enggak ngejan, tahu-tahu ada darahnya itu berarti sesuatu yang serius, dan sebelumnya sudah terjadi diare berulang," kata Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro