Ilustrasi/Dumblittleman
Relationship

Cara Memulihkan Diri dari Patah Hati

Tika Anggreni Purba
Kamis, 13 Desember 2018 - 06:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Hubungan berakhir, terjadi perpisahan, dan Anda pun patah hati. Rasanya apa yang dirasakan dan dialami tidak sesimpel kelihatannya.

Menghadapi patah hati bisa menjadi momok yang sangat mengerikan dan penuh penderitaan bagi sebagian orang. Tetapi, patah hati bukanlah akhir dari segalanya. Hidup masih harus dilanjutkan dan masa lalu ditinggalkan.

Bagaimana caranya memulihkan diri dari patah hati? Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti, dikutip dari WebMD:
 
1. Cari dukungan dan penghiburan dari orang lain

Patah hati karena perpisahan adalah hal yang sangat menyedihkan. Anda sedang terluka dan butuh disembuhkan. Itulah sebabnya dukungan dari saudara, teman, maupun keluarga sangat dibutuhkan. 

Jujurlah pada orang yang bisa Anda percaya mengenai apa yang Anda rasakan dan alami ketika patah hati. Orang-orang yang dapat dipercaya akan menjadi tempat yang baik bagi Anda untuk menerima dukungan dan penghiburan.

2. Izinkan diri Anda bersedih

Tidak perlu menyembunyikan dukacita Anda. Kalau bersedih, jangan pura-pura bahagia. Kesedihan saat patah hati adalah hal yang wajar dan natural. Anda kehilangan orang yang pernah Anda cintai, jadi sangat wajar kalau bersedih.

3. Ingatkan diri Anda untuk tetap kuat

Hal ini mungkin sangat sulit untuk dilakukan karena Anda sedang down. Namun, cobalah untuk bangkit untuk orang lain yang masih ada di sisi Anda, yaitu mereka yang mengapresiasi dan mengasihi Anda. 

Anda bisa, dan pasti mampu bangkit dari keterpurukan. Fokuskan diri Anda terhadap apa yang  ada di depan, bukan pada masa lalu.

4. Hadapi dengan cara yang sehat

Ketika patah hati, Anda mungkin ingin melakukan hal-hal yang impulsif, misalnya makan berlebihan, minum alkohol, bahkan mengonsumsi obat penenang. 

Dari pada menghadapi patah hati dengan cara yang tidak sehat, pilihlah cara yang lebih sehat seperti makan makanan sehat, olahraga, tidur, atau bersosialisasi dengan orang yang positif. 

5. Terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan berarti

Ketika Anda patah hati, cobalah terlibat dalam aktivitas sosial misalnya menjadi relawan di tempat-tempat yang menyenangkan bagi Anda. Kesibukan baru  dan interaksi dengan orang baru di lingkungan relawan akan membuat Anda lebih bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro