Ilustrasi/Redbookmag
Relationship

5 Langkah Meningkatkan ‘Networking Skill’

Tika Anggreni Purba
Kamis, 20 Desember 2018 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam dunia kerja, seseorang harus memiliki keterampilan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Hal ini dapat memperluas jaringan, sekaligus juga sebagai langkah untuk meningkatkan personal branding.

Untuk mencapai hal ini, tentu kita membutuhkan reputasi yang baik sehingga proses menjalin hubungan dengan orang lain juga berjalan secara natural. Itulah sebabnya membangun jejaring membutuhkan usaha.

Berikut ini lima tips dari Lifehack.org yang bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan dengan lebih baik publik dan mempertahankan hubungan itu untuk mendukung personal branding Anda:

 1.  Temukan mengapa membangun jaringan itu penting

Kalau Anda belum tahu betapa pentingnya membangun jaringan, Anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya. Karena itu sebelum Anda melangkah untuk membangun jaringan, cobalah untuk bertanya terlebih terlebih dahulu mengenai pemahaman Anda mengenai hal ini.

Mengapa Anda harus membangun jaringan? Apa yang menjadi tujuan Anda? Apa yang bisa Anda dapatkan dari pergaulan atau jejaring yang luas?

Pemahaman yang baik akan membuat Anda melakukan upaya membangun jejaring dengan lebih santai dan enjoy.  Seperti yang diungkapkan tadi, hubungan yang natural akan jauh lebih menguntungkan dari pada hubungan yang dibuat-buat.

2. Lakukan riset

Ketika Anda sudah memahami tujuan dan motivasi Anda untuk meningkatkan networking skill, mulailah melakukan riset terhadap orang, lingkungan, atau perusahaan yang Anda ingin terlibat di dalamnya.

Ambil wakatu sejenak untuk memastikan hal-hal apa yang diperlukan untuk dekat dengan mereka. Pelajari data yang penting untuk membuat Anda lebih mudah untuk terhubung dengan mereka.

3. Bersikap sewajarnya

Tidak perlu terlalu berlebihan dalam bersikap, lakukan pendekatan sewajarnya. Sekalipun mereka adalah rekan kerja, klien, atau rekan profesional lainnya, mereka juga adalah manusia biasa seperti Anda. Orang akan lebih tersentuh dengan ketulusan dan sikap jujur, ketimbang Anda bersikap berlebihan atau bahkan memalsukan kepribadian Anda.

Networking bukanlah soal memanfaatkan orang lain, tetapi dijadikan wadah untuk saling menolong satu dengan lainnya dalam hal pengalaman dan ilmu pengetahuan. Jika Anda ingin membangun jaringan, mulailah semua itu dengan pertemanan.

4. Ketahui batasan yang jelas

Kadang kala, sesudah kita berjuang sedemikian rupa, koneksi yang kita harapkan tidak terjadi. Apabila hal ini terjadi, jarang terlalu kecewa dan memaksa. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk terhubung dengan lingkungan atau orang yang tidak sejalan dengan Anda. Sama halnya seperti orang yang berkencan yang tidak semua berakhir dengan bahagia sebagai pasangan, begitu pula dengan membangun jejaring. Kadang-kadang kita bisa gagal juga.

5. Menjaga silaturahmi

Memang tidak mudah untuk menjaga hubungan dengan orang yang bukan keluarga atau teman dekat kita, tetapi silaturahmi dengan orang yang pernah berkenalan dengan kita perlu dijaga.

Sekalipun koneksi belum terjalin, tetap perhatikan kehidupan mereka. Kalau ada waktu, sesekali tanyakan kabar atau mengobrol dengan mereka. Inilah yang disebut dengan langkahfollow up, agar silaturahmi tidak terputus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro