5 Cara Sederhana Untuk Ciptakan Kebahagiaan

Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang, sebenarnya kita bisa menciptakannya sendiri. Hal ini bisa menjadi mungkin karena kebahagiaan adalah pilihan yang bisa diciptakan. Apakah Anda setuju?
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 22 Desember 2018  |  15:50 WIB
 5 Cara Sederhana Untuk Ciptakan Kebahagiaan
Tertawa - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA— Meskipun banyak faktor yang memengaruhi kebahagiaan seseorang, sebenarnya kita bisa menciptakannya sendiri. Hal ini bisa menjadi mungkin karena kebahagiaan adalah pilihan yang bisa diciptakan. Apakah Anda setuju?

Ya, kebahagiaan sederhana dan simpel bisa kita ciptakan sendiri ketika kita mengetahui cara dan langkahnya. Berikut ini cara menciptakan dan meningkatkan kebahagiaan sederhana dalam kehidupan sehari-hari dilansir mayoclinic.org:

1. Terhubung dengan segala hal yang membuat Anda bahagia

Jika Anda senang dengan hobi memasak, lakukan. Jika Anda menikmati kelas-kelas seni, silakan kerjakan. Untuk bahagia, Anda sebaiknya memiliki kegiatan yang bisa dinikmati dengan perasaan nyaman dan senang.

Mungkin jadwal yang sibuk dan pekerjaan membatasi Anda untuk melakukan kesenangan ini, tetapi upayakanlah untuk tetap menyediakan waktu untuk hal-hal yang menyenangkan Anda.

2. Serius dan sungguh-sungguh

Fokus dan kerjakan apa yang ada di hadapan Anda dengan sungguh-sungguh dan serius. Anda akan mendapati waktu berlalu begitu cepat dan ternyata pekerjaan Anda sudah selesai. Untuk menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan atau apapun itu, Anda perlu memberikan kesungguhan dan keseriusan dan letak kebahagiaannya ada di situ.

3. Menemukan hal yang baru setiap hari

Otak manusia dirancang untuk tertarik kepada hal-hal yang baru. Setiap kali ketertarikan itu muncul, biasanya akan muncul perasaan bahagia. Anda tidak harus bepergian ke luar kota untuk menemukan hal yang baru, tetapi cobalah untuk melihat hal-hal yang baru di sekitar Anda.

Misalnya, melihat pemandangan alam di sekitar rumah yang biasanya Anda abaikan, atau sekadar memperhatikan senja di sore hari.

4.  Mengasihi diri sendiri

Adakalanya kita melupakan dan mengabaikan diri kita sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau orang lain. Akan tetapi, hidup ini juga membutuhkan keseimbangan.

Ketika Anda mengasihi orang lain, Anda juga tak boleh lupa mengasihi diri sendiri. Keluarga, pekerjaan, orang tua, boleh menjadi prioritas Anda, tetapi pastikan untuk memiliki waktu dan cinta untuk diri sendiri juga.

5. Menikmati alam

Menghabiskan waktu di alam yang masih natural dapat mengurangi stres dan meningkatkan perasaan kagum, bahagia, dan syukur. Karena itu pastikan untuk memberi waktu bagi diri Anda untuk menikmati alam, karena alam dapat memberikan efek pemulihan dari segala kepenatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bahagia

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top