Ilustrasi/Dailymail
Relationship

Ingin Hidup Lebih Bahagia? Berhenti Lakukan 3 Kebiasaan Ini

Tika Anggreni Purba
Rabu, 26 Desember 2018 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pernahkah Anda merasa kebahagiaan seolah menjauh dari kehidupan? Bisa jadi hal ini terjadi karena kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari.
 
Menurut laporan Psychologyytoday.com, ada beberapa kebiasaan buruk yang secara tidak disadari dilakukan oleh seseorang yang bisa membuatnya sulit mencapai kebahagiaan.

Berikut ini kebiasaan jelek yang harus dihentikan kalau hidup ingin lebih bahagia:
 
1. Terlalu mengejar kebahagiaan 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kebahagiaan? Apakah memperoleh gaji tinggi? Apakah mendapat promosi karier? Atau memiliki uang yang banyak? 

Persoalannya kebahagiaan itu adalah sesuatu yang relatif, tidak bisa disamaratakan pada semua orang. Sumber kebahagiaan setiap orang juga berbeda. 

Satu hal yang penting adalah kebahagiaan bukanlah sesuatu yang harus dikejar dari luar karena ia tumbuh di dalam diri kita. Betul kalau uang misalnya, dapat memberikan kita kebahagiaan. Namun, sifatnya sementara. 

Oleh karena itu, temukanlah kebahagiaan Anda tanpa berusaha untuk mengejarnya. 

2. Membandingkan diri dengan orang lain secara negatif 

Seseorang yang selalu membandingkan dirinya dengan orang lain secara negatif akan sangat sulit merasakan bahagia. Hal ini terjadi karena membandingkan diri hanya akan membuat Anda merasa semakin menyedihkan. 

Dalam hidup ini, akan selalu ada orang yang lebih dari Anda, dan hal tersebut bukan untuk dibandingkan. Kebiasaan membandingkan diri hanya akan membuat Anda merasa tidak berharga dan merasa kosong di dalam diri. 

3. Tidak bersyukur

Begitu banyak penelitian telah membuktikan bahwa rasa syukur akan membawa seseorang kepada kebahagiaan. 

Pepatah bijak pernah berkata bahwa: orang yang bahagia tidak selalu bersyukur, tetapi orang bersyukur pasti selalu bahagia. 
Bersyukur akan menolong orang untuk merasakan emosi yang positif.

Selain itu, syukur juga menciptakan pengalaman yang lebih baik disertai dengan peningkatan kesehatan fisik dan mental. Makin banyak kita bersyukur, semakin besar kebahagiaan yang dirasakan. 

Siapkah Anda hidup lebih bahagia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro