Ilustrasi/Fitnistics
Relationship

Jika Hidup tidak Ingin Menyesal, Jangan Lupakan 5 Hal Terpenting Dalam Hidup Ini

Tika Anggreni Purba
Rabu, 26 Desember 2018 - 11:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Tidak ada manusia yang ingin menghabiskan hidupnya dengan penyesalan. Karena menyesal merupakan perasaan yang menyedihkan, penuh kekecewaan, dan dibumbui perasaan gagal. Kapan terakhir kali Anda menyesal?

Pernahkah Anda mengambil waktu sejenak dan mulai memikirkan hal-hal apa yang telah Anda raih dan sesali? Tentang mimpi, harapan, rencana, atau tujuan hidup Anda?
 
Penyesalan mungkin ada, tetapi tidak bisa diubah lagi. Karena itu selagi masih bisa dan mampu, alangkah baiknya menjalani hidup dengan lebih bijaksana, demi masa depan yang lebih baik.

Berikut ini adalah 5 hal penting yang sebaiknya jangan Anda lupakan agar tidak menyesal dalam hidup Anda:

1. Jangan lupa menjadi diri sendiri
 
Sering kita membiarkan keraguan dan ketakutan menahan kita untuk menjalani hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan. Akibatnya kita tidak bertumbuh menjadi lebih baik. Inilah yang membuat penyesalan menghampiri, yaitu ketika apa yang diharapkan dalam hidup tidak tercapai.
 
Jadilah diri sendiri saat ini! Hidup hanya satu kali. Jalani dengan segala sesuatu yang membuat Anda bertumbuh. Isilah hidup dengan sesuatu yang berarti. Jangan biarkan apapun atau siapapun membuat Anda tidak menjadi diri sendiri.
 
2.  Jangan lupa mengejar mimpi

Jika Anda tidak memiliki mimpi dan tujuan hidup, akan sangat mudah Anda menyerah, bahkan untuk hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 

Anda akan cepat lelah ketika bekerja, bosan terhadap teman yang sama, dan tidak semangat menjalani aktivitas. 

Tanpa mimpi dan harapan, tidak ada perubahan, pertumbuhan, dan transformasi. Karena itu jika hari ini Anda belum memiliki mimpi dan tujuan hidup, carilah dan temukanlah!

3. Jangan lupa hidup untuk diri sendiri

Anda tidak berkewajiban untuk menyenangkan hidup orang lain. Kewajiban Anda adalah menjalani hidup sebagaimana mestinya sesuai dengan tujuan hidup Anda sebagai individu. 

Berhentilah membandingkan hidup Anda dengan hidup orang lain. Hal ini hanya akan membuat Anda makin ragu pada diri sendiri. Jalani hidup dengan memikirkan apa yang baik bagi hidup Anda. Jauhi hal-hal negatif atau pergaulan yang menyesatkan.

4. Jangan lupa untuk memulai dengan segera 

Kita selalu berpikir bahwa kita memiliki waktu yang lebih banyak dari yang kita miliki. Pemikiran ini membuat kita cenderung menunda pekerjaan. Padahal menunda akan membuat pekerjaan atau tujuan yang kita kejar sulit untuk tercapai.
 
Ketika Anda sudah memiliki tujuan hidup, kejar itu sekarang juga. Mimpi-mimpi Anda  bisa tercapai kalau Anda tidak menunggu lama, tetapi memulainya sekarang juga! 

Hal ini juga berlaku untuk target-target jangka pendek Anda. 

5. Jangan lupakan waktu bersama keluarga dan teman

Salah satu investasi terbesar yang bisa Anda lakukan dalam hidup ini adalah menyediakan waktu yang cukup untuk orang-orang yang Anda cintai. 

Masalahnya, hal ini paling sering diabaikan orang-orang. Tidak banyak orang dapat berkomitmen untuk menyediakan waktu untuk keluarga maupun teman. 

Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa diubah dan diperbaiki. Semua kendali dan pilihan ada di tangan Anda. Dalam hal ini, manajemen waktu dan prioritas adalah kuncinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro