Depresi/foodntv
Relationship

Terlalu Pemikir Bisa Berbahaya, Ini Tips Mengatasinya

Tika Anggreni Purba
Senin, 31 Desember 2018 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Salah satu kebiasan yang tidak perlu dibiasakan adalah berpikir berlebihan atau overthinking.

Masalahnya orang yang overthinking cenderung tidak mampu untuk mengendalikan pikirannya sehingga tidak pernah mengambil tindakan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Berikut ini sembilan cara simpel dikutip dari Lifehack.org, agar kita berhenti overthinking dan mulai bertindak:

1. Tetapkan batas waktu untuk mengambil keputusan

Salah satu cara termudah untuk berhenti overthinking adalah dengan memberikan tenggat waktu tertentu untuk berpikir dan mengambil keputusan. Sediakan waktu tertentu untuk memikirkan apa yang perlu Anda pikirkan, namun di luar dari itu jangan memikirkannya lagi.

2. Beraksi lebih penting ketimbang berpikir

Inilah langkah yang dianggap paling sulit, namun sebenarnya yang paling tepat dan penting. Jika Anda ingin mengubah sesuatu dalam hidup Anda, berhentilah overthinking, dan segera ambil tindakan sekarang.

3. Tidak semua hal berada di bawah kendali Anda

Dalam hidup ini, berbagai hal terjadi di luar kontrol manusia, termasuk juga Anda. Jangan fokus terhadap hal-hal yang tidak bisa Anda ubah dan kendalikan.

4. Tuliskan rencana dan kemajuan setiap hari

Strategi yang paling efektif untuk berhenti berpikir berlebihan adalah menulis. Tuliskan rencana-rencana yang ingin Anda raih dan perhatikan progres yang sudah Anda buat.

5. Olahraga

Berolahraga adalah terapi yang sangat baik untuk membebaskan pikiran dari pikiran negatif. Selain menjaga tubuh tetap sehat, olahraga juga bisa menolong kita melupakan sejenak pikiran yang membuat kita tidak bahagia.

6. Meditasi

Hal ini merupakan metode perenungan diri yang membantu Anda untuk rileks dan membuat pikiran Anda semakin teduh. Ambil waktu setidaknya lima menit dalam sehari untuk melakukan meditasi sederhana.

7. Membaca kisah yang menginspirasi

Jika Anda berada dalam situasi dan lingkungan yang negatif, bisa jadi Anda terkontaminasi dengannya. Itulah sebabnya Anda perlu mendengar atau membaca kisah positif yang menginsipirasi. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang tanpa berpikir berlebihan.

8. Spontanitas

Lakukan sesuatu dengan cara spontan untuk menjernihkan pikiran Anda, misalnya mencoba menu makanan baru, mengikuti kelas olahraga tertentu, dan sebagainya. 

9. Mencari mentor

Berbicara dengan mentor dapat menolong Anda untuk melihat perspektif lain dalam menghadapi sesuatu. Jangan takut untuk meminta bantuan ketika pikiran berlebihan menguasai Anda. Berbicaralah dengan orang yang bisa dipercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro