Nasi putih2/boldsky.com
Health

Manfaat Mengurangi Makan Nasi untuk Kesehatan

JIBI
Senin, 14 Januari 2019 - 08:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang mengurangi konsumsi nasi putih untuk melancarkan diet. Mereka mengganti nasi putih dengan makanan berkarbohidrat lain yang memiliki kalori rendah.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, mengurangi konsumsi nasi disebut bisa memberikan empat manfaat bagi tubuh dan berikut di antaranya.

1.Mengurangi risiko alergi
Ada beberapa orang yang mengalami alergi karena memakan nasi putih. Mengurangi konsumsi nasi putih secara otomatis akan mengurangi risiko munculnya alergi yang biasanya muncul dengan gejala seperti gatal-gatal, bersin, dan sesak napas.

2. Mengurangi risiko obesitas
Selain mengurangi risiko alergi, tidak mengonsumsi nasi juga dapat mengurangi risiko obesitas. Nasi putih yang dikonsumsi akan berubah menjadi energi. Namun, jika kita kurang bergerak dan malas berolahraga, maka nasi akan berubah menjadi lemak dan membuat berat badan naik.

3. Perncernaan lebih lancar
Kebiasaan tidak mengonsumsi nasi putih akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Pasalnya, karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan jika dikonsumsi terus menerus. 

4. Menjaga kadar gula darah
Mengurangi konsumsi nasi juga bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh karena tingginya indeks glikemik pada nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Karena itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi nasi putih, terutama penderita diabetes melitus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro