Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 3 Kerugian Bila Telat Bayar PDAM

MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 25 Januari 2019  |  13:09 WIB
PDAM Tirta Pakuan - kemendagri
PDAM Tirta Pakuan - kemendagri

Penggunaan air dalam rumah tangga, usaha kecil, hingga ke perkantoran berskala besar memang terkadang tidak terasa. Apalagi ditambah dengan tagihan PDAM yang besarannya tidak terlalu memusingkan anggaran rumah tangga membuatnya kerap terlewatkan untuk dibayarkan. Namun hal ini justru akan membuat Anda rugi besar bila telat membayar PDAM karena jika Anda terus melewatkan pembayaran, otomatis tagihan tersebut akan menumpuk beserta denda yang menyertai tagihan Anda.

Bagi Anda yang baru ingat dan sadar bahwa Anda telat membayar PDAM, artikel ini telah merangkum tiga kerugian besar bagi anggaran rumah tangga Anda bila telat membayar tagihan PDAM, berikut tiga kerugiannya:

Kenaikan Tarif Denda

PDAM Bali, pada awal tahun lalu mengumumkan bahwa mereka mendapatkan tunggakan pembayaran senilai Rp 1,6 miliar. Hal tersebut akibat dari 8000-an pelanggan yang menunggak bayaran berbulan-bulan. Otomatis sekitar 8000 pelanggan tersebut dikenakan denda. Jadi satu rekening yang telah melewati tanggal 23 akan dikenakan denda Rp 17 ribu. Mungkin nilai ini terdengar kecil, namun justru Rp 17 ribu tersebut merupakan kenaikan tarif denda yang sebelumnya hanya Rp 3 ribu saja.

Tentu hal tersebut dapat merugikan anggaran rumah tangga Anda, bukan? Jadi sebisa mungkin Anda membayar tagihan rekening PDAM tepat waktu sehingga tidak ada yang dirugikan dari rumah tangga Anda, terutama anggaran Anda sendiri.

Semakin Lama Tertunda, Semakin Menumpuk Tagihannya

Perlu Anda ketahui bahwa semakin lama Anda menunda pembayaran tagihan PDAM, akan semakin tinggi tagihan serta denda yang akan menimpa Anda di bill tagihan. Oleh karena itu, agar anggaran Anda tetap sehat, alangkah baiknya Anda membayar langsung bila tagihan PDAM sudah keluar.

Pemutusan Sambungan

Telat membayar PDAM selama tiga bulan akan berdampak buruk pada pemutusan sambungan PDAM ke rumah Anda sendiri. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rumah Anda tidak akan mendapatkan pasokan air bersih. Akan sangat menyulitkan bukan? Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membayar PDAM langsung bila tagihan sudah keluar.

Dari ketiga kerugian tersebut, Anda dapat menguranginya dengan melakukan pembayaran yang ringkas dan bisa Anda lakukan di mana pun. Hanya dengan satu platform, Traveloka App, Anda sudah dapat melakukan pembayaran PDAM secara online tanpa kenal ribet. Pembayaran tersebut dikarenakan adanya fitur myBills pada Traveloka App yang akan mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran, dan yang pasti akan menghindari Anda dari danda yang dikenakan oleh PDAM.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam Traveloka
Editor : MediaDigital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top