5 Cara Untuk Membuat Atasan Terkesan

Membuat atasan terkesan bukan berarti berperilaku dibuat-buat. Akan tetapi, lebih kepada memberikan kesan yang positif kepada atasan sebagai bentuk profesionalitas. Kesan yang baik dan positif akan memudahkan Anda dalam berkarier.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  11:58 WIB
5 Cara Untuk Membuat Atasan Terkesan
Ilustrasi - Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA—Membuat atasan terkesan bukan berarti berperilaku dibuat-buat. Akan tetapi, lebih kepada memberikan kesan yang positif kepada atasan sebagai bentuk profesionalitas. Kesan yang baik dan positif akan memudahkan Anda dalam berkarier.

Menurut laman resmi Psychology Today, berikut ini beberapa strategi untuk membuat atasan terkesan kepada Anda.

1. Menonjolkan karakter yang positif
Apabila atasan meminta Anda melakukan sesuatu, silakan jawab dengan optimis bahwa Anda bisa melakukannya. Sekalipun mungkin Anda tidak bisa melakukannya, itu urusan belakangan. Ciptakan kesan bahwa Anda bisa diandalkan.
Tetap tonjolkan karakter yang positif, jangan mengeluh, apalagi terlihat stres. Pandang segala sesuatunya dengan positif sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih bijaksana.

2. Bekerja di luar ekspektasi
Pekerja yang baik selalu bekerja lebih dari pada job description dan terlibat dalam hubungan yang baik dengan rekan kerja lain. Berikan pertolongan pada rekan kerja Anda, berbicara positif mengenai perusahaan, dan terus belajar untuk meningkatkan kapasitas diri.

3. Berikan apresiasi
Tunjukkan apresiasi pada atasan Anda ketika dia melakukan sesuatu yang baik bagi perusahaan. Hargai dia dengan merespons e-mail, telepon, atau panggilan lain darinya. Tunjukkan bahwa Anda selalu siap sedia. Saat rapat, tunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan fokus pada rapat.

4. Kinerja yang maksimal
Pastikan bahwa kinerja Anda berkualitas dan tidak mengandung kesalahan. Ambil waktu untuk mengecek kembali tugas-tugas yang diberikan kepada Anda.

5. Tidak perlu adu argumentasi
Ketika waktunya penilaian kinerja, persiapkan diri Anda. Sebelumnya berikan penilaian terhadap diri Anda sendiri. Tetap pertahankan perilaku dan etika yang baik. Tersenyumlah dan jangan defensif. Tidak perlu adu argumentasi dengan atasan Anda.

Segala upaya yang Anda lakukan, jangan lakukan itu hanya untuk menyenangkan bos Anda semata. Akan tetapi, lakukan itu agar Anda merasa lebih baik dalam bekerja. Secara psikologis, Anda membutuhkan lingkungan kerja dan cara pandang yang sehat untuk menolong dan mendorong Anda bertumbuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekerja, Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top