Pentingnya Membacakan Buku Pada Anak

Salah satu langkah besar yang dapat orang tua lakukan untuk tumbuh kembang anak adalah membacakan buku kepada anak-anaknya
Tika Anggreni Purba | 02 Februari 2019 15:26 WIB
Anak-anak membaca buku di sebuah perpustakaan - JIBI/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, JAKARTA—Salah satu langkah besar yang dapat orang tua lakukan untuk tumbuh kembang anak adalah membacakan buku kepada anak-anaknya.

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan wawasan anak, tetapi juga menolongnya untuk belajar membaca sejak dini.

Buku-buku cerita yang membuka imajinasi, meningkatkan rasa ingin tahu, dan meningkatkan keinginannya untuk membaca buku. Penting bagi orang tua untuk terus membacakan buku pada anak, bahkan ketika anak sudah mulai bisa membaca buku sendiri.

Berikut beberapa alasan mengapa anak dan orang tua sebaiknya mempertahankan kebiasaan membaca bersama:

1. Membaca bersama mendorong anak untuk mencintai buku

Ketika membaca buku menjadi kegiatan reguler dalam keluarga Anda, hal itu akan memupuk kecintaan anak terhadap buku. Setiap kali Anda membaca bersama anak-anak, mereka akan terpacu untuk mengikuti kebiasaan untuk mencintai buku.

2. Lebih banyak waktu membaca buku berarti mengurangi screen time

Secara natural, kebiasaan membaca buku berarti mengurangi waktu anak-anak dengan gawainya. Anak-anak belum terlalu cocok untuk menghabiskan waktu terlalu lama dengan gawai. Oleh karena itu, membaca buku bersama adalah cara yang tepat untuk memperluas wawasan anak, sekaligus juga mengajarkannya untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih bermakna selain bermain gawai.

3. Memperkuat ikatan dan hubungan dengan anak

Salah satu cara untuk selalu terhubung dengan anak adalah dengan beraktivitas bersama. Anda bisa memilih buku cerita yang baik untuk mengajarkan anak mengenai kebaikan dan pelajaran penting lainnya. Membaca bersama juga akan meningkatkan hubungan yang erat antara anak dan orang tua, sekaligus melatih intelegensi anak.

4. Melatih kepercayaan diri anak

Saat membaca bersama, ajari anak Anda untuk membaca dengan suara. Hal ini akan melatih kepercayaan dirinya kelak. Anak yang membaca bersuara akan terbiasa membacakan cerita juga pada orang lain. Dengan begitu, dia lebih mudah bergaul dengan teman-temannya di sekolah. Membaca sambil bersuara juga menolong anak untuk memperkaya kosa kata, pelafalan, dan kemampuan menyimak.

5. Membaca itu menyenangkan

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang tua yang sering menghabiskan waktu dengan kegiatan yang menyenangkan dengan anak-anaknya umumnya meningkatkan kebahagiaannya di masa mendatang. Anak-anak memiliki cerita masa kecil yang akan terus dikenangnya sebagai kenangan yang manis ketika mereka dewasa kelak.

Tag : Membaca
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top