Rapper Savage 21 saat menghadiri MTV Video Music Awards 2018/Reuters-Andrew Kelly
Entertainment

Diduga Masuk AS Secara Ilegal, Rapper Penerima Nominasi Grammy Savage 21 Terancam Dideportasi

Iim Fathimah Timorria
Senin, 4 Februari 2019 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rapper penerima nominasi Grammy Savage 21 ditangkap oleh pejabat imigrasi Amerika Serikat pada Minggu (3/2/2019). Ia ditahan karena diduga tinggal di wilayah AS secara ilegal dan didakwa karena melakukan aksi kriminal.

Rapper yang bernamama asli Sha Yaa Bin Abraham-Joseph, datang ke Amerika Serikat dari Inggris pada 2005 ketika masih remaja. Juru bicara Badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) Bryan Cox menyatakan ia tetap berada di Atlanta ketika izin tinggal visanya habis.

Cox mengatakan Abraham-Joseph kini berada dalam tahanan di Georgia dan akan menghadapi proses deportasi di pengadilan imigrasi tingkat federal.

Ia mengungkapkan bahwa Abraham-Joseph juga dihukum atas tuduhan kejahatan narkoba yang ia lakukan pada 2014, ia ditangkap dalam operasi hasil kerja sama dengan penegak hukum setempat.

Melansir Reuters, pengacara Abraham-Joseph, Dina LaPolt tidak segera mengomentari kabar penangkapan itu, namun mengatakan pihaknya akan berusaha membebaskan Abraham-Joseph.

"Kami berusaha dengan gigih untuk membebaskan Abraham-Joseph sekaligus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengurai kesalahpahaman ini," katanya sebagaimana diberitakan Variety pada Senin (4/2/2019).

Sementara itu, Cox mengatakan dia tidak tahu apakah Abraham-Joseph akan memenuhi syarat untuk dilindungi di bawah Hukum Penangguhan Penahanan untuk Kedatangan Anak (DACA) yang di dalamnya mengatur perlindungan para imigran usia muda yang masuk ke AS secara ilegal. Dalam aturan DACA, pihak yang dihukum karena pelanggaran pidana berat tidak dapat dilindungi.

Abraham-Joseph atau Savage 21 berkolaborasi dengan Post Malone dalam lagu "Rockstar" yang masuk nominasi Rekaman Terbaik dan Penampilan Rap terbaik di ajang Grammy Awards. Ia merilis album perdana bertajuk "Issa Album" pada 2017 yang disusul dengan album kedua berjudul "I Am > I Was".

Penahanan Savage 21 mengejutkan para penggemarnya mengingat Savage 21 dikenal karena ikatannya dengan Atlanta. Pria berusia 26 tahun bahkan mengaku angka 21 dalam nama panggungnya berasal dari sebuah gang di Decatur dan lagunya kerap merujuk pada masa lalunya selama di Zona 6 Atlanta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro