Berikut 5 Karakter Anak Unggul Indonesia

Pengasuhan yang baik dari orang tua akan menentukan kesuksesan tumbuh kembang anak termasuk dalam karakter.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 07 Februari 2019  |  13:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Pengasuhan yang baik dari orang tua akan menentukan kesuksesan tumbuh kembang anak termasuk dalam karakter.

Anak yang berkarakter unggul tentu diinginkan oleh semua orang tua. Nah, potensi karakter unggul tersebut dapat dikembangkan dengan gizi seimbang, cinta orang tua, dan stimulasi.

Pakar tumbuh kembang anak Soedjatmiko mengatakan bahwa pembentukan karakter anak yang cerdas, unggul, dan perilaku baik sudah dapat dibentuk sejak dari kandungan. “Setelah itu harus dilanjutkan terus pemantauan pertumbuhan fisik dan otaknya terus-menerus,” kata dokter spesialis anak tersebut.

Pemantauan terhadap pertumbuhan fisik dan otak anak dapat dilakukan oleh orang tua dengan terlibat langsung dalam kehidupan anak. “Untuk merangsang semua potensi anak kita harus sering mengajaknya bermain,” katanya lagi.

Dia menganjurkan agar orang tua sering merangsang anak dengan bermain berbagai jenis permainan, sekaligus mengenalkan anak terhadap pengetahuan dan lain-lain. Selain itu menurutnya nutrisi dan imunisasi harus dipenuhi sebagai perlindungan menyeluruh.

“Jangan lupa berikan anak pujian sehingga dia menjadi pemberani,” katanya lagi. Kecerdasan emosi juga dapat dikembangkan dengan kasih sayang yang dilimpahkan oleh orang tua.

Soal nutrisi yang mendukung perlindungan pada anak, dokter spesialis gizi Saptawati Bardosono menyampaikan bahwa anak yang kekurangan gizi yang seimbang mudah mengalami sakit. Daya tahan tubuh yang rendah sering menyebabkan anak mengalami infeksi seperti batuk, pilek, atau diare.

“Supaya anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan optimal, bantu anak untuk melindungi saluran cerna, saluran napas, dan daya tahan tubuhnya melalui nutrisi yang cukup,” kata Saptawati.

Menurutnya anak membutuhkan kalsium dan protein untuk pertumbuhan yang baik. Selain itu untuk perkembangan otak anak-anak membutuhkan asam lemak, vitamin, dan mineral. Pemenuhan gizi yang cukup juga akan mencegah anak mengalami kurang berat badan, anemia, dan pendek.

Psikolog klinis Ratih Ibrahim menjelaskan bahwa cinta dan dukungan dari orang tua merupakan kebutuhan dari anak untuk berkembang. “Cinta kasih dari orang tua akan membuat orang tua maupun anak berkembang empatinya,” katanya.

Cinta kasih pada anak tidak ditunjukkan melalui larangan pada anak, tetapi memberikan ruang eksplorasi bagi anak untuk berkembang. Atas dasar cinta, anak sebaiknya diizinkan untuk bereksplorasi seluas mungkin.

Dengan stimulasi, nutrisi, dan cinta orang tua akan membentuk 5 karakter anak yang unggul yakni berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin.

Brand manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Alvin Wiradarma mengatakan bahwa DANCOW siap menjadi mitra tepercaya orang tua untuk memberikan perlindungan bagi anak Indonesia. “Tahun ini kami menginisiasi gerakan “1 juta Iya Boleh” untuk mengajak orang tua Indonesia untuk percaya diri mengizinkan anak melakukan eksplorasi,” kata Alvin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anak

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top