Durian pelangi/Istimewa
Health

Manfaat Durian, Stabilkan Gula Darah hingga Obat Infertilitas

Denis Riantiza Meilanova
Selasa, 19 Februari 2019 - 11:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di balik aromanya yang khas dan daging buah yang lembut, buah durian ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Buah yang mendapat julukan "king of fruit" ini memiliki jumlah besar nutrisi yang akan menyediakan vitamin dan mineral yang memadai bagi tubuh.

Lalu, apa saja manfaat buah durian? berikut ulasannya, seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (19/2/2019).

1. Menjaga tekanan darah 

Di antara senyawa bioaktif dalam buah durian adalah senyawa yang mengandung belerang seperti turunan ethanethiol dan disulfida, serta kadar gula yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Buah durian membantu menjaga tingkat tekanan darah karena adanya senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu sehat yang mengonsumsi buah durian memiliki tingkat tekanan darah yang stabil.

2. Menstabilkan gula darah 

Aktivitas antidiabetik dari durian ditunjukkan dengan adanya senyawa bioaktif di dalamnya. Dalam sebuah studi kecil pada 10 pasien diabetes, buah durian telah terbukti meningkatkan homeostasis glukosa dengan mengubah sekresi insulin. Mereka mengonsumsi buah dan mengalami peningkatan kadar insulin yang signifikan.

3. Meningkatkan energi 

Karena buah durian tinggi karbohidrat, mengonsumsinya akan membantu mengisi kembali tingkat energi yang hilang. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna sehingga memicu kontraksi otot yang memberi tubuh Anda energi yang tahan lama. Jadi, makan buah durian akan memberi Anda energi dan mengurangi kelelahan dan keletihan.

4. Membantu pencernaan 

Buah merupakan sumber serat yang baik yang memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Sel-sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaga mereka tetap sehat. Serat juga menjaga saluran pencernaan Anda dengan menambahkan jumlah besar kotoran dan ini menjaga buang air besar secara teratur 

5. Mengurangi rasa sakit 

Ekstrak cangkang durian diketahui mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Southern Medical University, ekstrak cangkang durian dapat membantu meredakan batuk karena sifat penghilang rasa sakit dan antibiotiknya.

6. Menginduksi tidur dan menurunkan depresi 

Menurut World Journal Of Pharmaceutical Research, buah durian mengandung sebuah asam amino, yakni  tryptophan. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin. Melatonin memiliki peran dalam siklus tidur-bangun, sementara serotonin berperan dalam mendorong tidur, suasana hati, dan kognisi. Ini menurunkan risiko depresi dan stres.

7. Bagus untuk tulang

Karena buah durian adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik, buah ini bekerja secara kolaboratif untuk membentuk tulang. Untuk kesehatan tulang, jumlah yang tepat dari mineral ini diperlukan. Menurut American Bone Health, 85% fosfor tubuh hadir dalam tulang sebagai kalsium fosfat.

8. Mengobati infertilitas pada PCOS

 Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah kondisi hormonal yang mengganggu sistem reproduksi sehingga menyebabkan infertilitas. Ketidakseimbangan hormon seks wanita mencegah perkembangan dan pelepasan sel telur yang matang. Ini mempengaruhi ovulasi dan kehamilan. Sebuah penelitian telah menunjukkan potensi penggunaan buah durian dalam mengobati infertilitas pada PCOS, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan kemampuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro