Tips Memilih Souvenir Pengantin

Untuk melengkapi pesta pernikan, souvenir pengantin menjadi hal yang tak kalah butuh kecermatan dalam memilihnya. Pasalnya, pengeluaran untuk suvenir juga tidak sedikit. Lantas apa saja yang dipertimbangkan saat membeli suvenir?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  00:26 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Untuk melengkapi pesta pernikan, souvenir pengantin menjadi hal yang tak kalah butuh kecermatan dalam memilihnya. Pasalnya, pengeluaran untuk suvenir juga tidak sedikit. Lantas apa saja yang dipertimbangkan saat membeli suvenir?

Alokasi bujet tentu menjadi hal pertama yang harus ditetapkan. Jangan lupa kalikam harga satuan dengan yang jumlah tamu undangan.

HARGA

Harga suvenir sangat variatif. Bisnis Lifestyle sempat menanyakan kepada beberapa vendor souvenir pernikahan dalam pameran Indonesia Dream Wedding Festival di Jakarta Convention Center (JCC).

Fine Souvenir, misalnya, menyediakan berbagai jenis suvenir pernikahan dengan rentang harga Rp 4.000 hingga Rp 65.000. Koordinator marketing Fine Souvenir Nissa mengatakan pastikan bujet yang diinginkan.

"Paket kami sudah lengkap dengan packaging, cetak nama, “thank you” card, dengan harga murah klien juga bisa dapat suvenir berkesan,” kata Nissa.

Fine Souvenir juga menyediakan beberapa souvenir yang ramah lingkungan. Misalnya sedotan stainless, satu set peralatan makan dari bahan serat gandum, atau beberapa suvenir unik seperti aroma diffuser.

UKURAN SUVENIR

Ukuran suvenir juga menjadi pertimbangan lainnya. Sebagian calon pengantin ingin souvenir yang cenderung mudah dibawa-bawa, namun sebagian lainnya ingin suvenir yang ukurannya cukup besar. Ketika memilih souvenir, kamu juga perlu mempertimbangkan hal tersebut.

“Beda-beda selera. Malah ada klien yang ingin besar supaya kelihatan lebih mahal. Walaupun mahal tapi kecil kan enggak kelihatan,” kata Nissa.

FUNGSIONAL

Untuk memilih suvenir terkadang masih sering menemukan souvenir pernikahan yang tidak fungsional Marketing Executive Ken’s Collection Lusy mengatakan saat ini banyak calon pengantin yang lebih mementingkan fungsional dari souvenir itu.

“Kadang ada yang ingin berbeda, tapi kebanyakan mencari barang apa sih yang mau diberikan dan useful, sehingga tidak terbuang,” katanya.

Salah satu souvenir yang paling banyak dipesan di Ken’s Collection adalah tumbler atau botol minum. Selain bisa digunakan untuk pergi kemana-mana, beberapa botol minum juga memiliki kemampuan untuk menyimpan air panas maupun dingin lebih awet.

FUNGSI DAN BUJET

Jangan lupa untuk menyesuaikan fungsi dengan poin pertama, yaitu bujet. Sebab, souvenir seperti tumbler, misalnya, punya harga yang cukup tinggi.

“Tumbler mulai Rp 20.000 tergantung bahan. Kalau pakai tambahan packaging Rp 24.000,” tuturnya.

Apabila tamu yang diundang adalah tamu kelas atas, Ken’s Collection, misalnya, menyediakan barang-barang premium. Salah satunya adalah satu set sisir import seharga sekitar Rp 40.000 per kotak.

Menurutnya, beberapa souvenir premium punya tampilan yang lebih cantik dan layak serta menggunakan materi bahan yang baik.

“Seperti sisir ini kan materi bahannya bukan yang murah dan impor. Memang mutunya beda,” ucap Lusy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aksesori

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top