Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ade Rai : Peduli Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Memiliki tubuh yang sehat seringkali tak disadari dan disyukuri oleh sebagian orang. Sebaliknya, kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan justru dirasakan ketika jatuh sakit
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  17:50 WIB
Ade Rai - Instagram @ade/rai
Ade Rai - Instagram @ade/rai

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki tubuh yang sehat seringkali tak disadari dan disyukuri oleh sebagian orang. Sebaliknya, kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan justru dirasakan ketika jatuh sakit.  

“Sehat tidak menarik bagi kita pas kita memilikinya, sehat menjadi menarik pada saat dia [sehat] pergi dari kita,” ujar binaragawan Ade Rai, baru-baru ini.

Ungkapan tersebut menyimpan makna bahwa sehat itu sesungguhnya amat mahal dan susah ketika kita tidak mendapatinya.

Ade berpendapat pentingnya sikap sadar akan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, mengingat angka kesehatan di Indonesia masih rendah.  

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, penyakit tidak menular mengalami lonjakan yang cukup signifikan dari data Riskesdas 2013.

Prevalensi kanker meningkat dari 1,4% menjadi 1,8%, pengidap stroke dari 7% menjadi 10,9%, penyakit ginjal kronik naik dari 2% jadi 3,8%. Adapun, angka hipertensi meningkat menjadi 34,1% dari angka 25,8% dan diabetes naik menjadi 8,5% dari angka 6,9%.

Menyadari hal itu, Ade merasa untuk perlu terus melakukan kegiatan dan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Menurutnya, kampanye kesehatan perlu terus digalakkan, baik oleh pemerintah, maupun komunitas dan masyarakat.

“Yang ingin saya sampaikan adalah bahwa sehat adalah kemampuan kita menciptakan kesenangan pada organ tubuh kita. Sehat itu bukan tujuan, tapi syarat,” tutupnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan masyarakat Ade Rai
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top