PDAM Tirta Pakuan/kemendagri
Fashion

4 Kerugian yang Kamu Rasakan Bila Telat Bayar PDAM

MediaDigital
Selasa, 26 Februari 2019 - 12:50
Bagikan

Membayar semua kebutuhan rumah tangga seperti pembayaran tagihan tentunya sudah kamu anggarkan di akhir bulan. Namun sepertinya kamu lebih terlihat mementingkan bill atau tagihan yang besar-besar saja. Hal tersebut tidaklah salah, akan tetapi tagihan dengan nominal yang tidak terlalu besar jangan dilupakan, salah satunya ialah pembayaran tagihan PDAM.

Walaupun tidak terlalu besar, bila terus menunggak pasti akan tinggi juga nominal yang wajib kamu bayarkan. Tentunya akan ada beberapa kerugian yang akan kamu rasakan ketika menunggak pembayaran PDAM. Artikel ini telah merangkum empat kerugian yang akan kamu dapatkan ketika telah bayar PDAM. Berikut empat kerugian tersebut:

Tarif Denda Naik

Pada awal tahun lalu PDAM mengumumkan bahwa mereka mendapatkan tunggakan pembayaran senilai Rp 1,6 miliar. Hal tersebut akibat dari sekitar 8000 pelanggan yang menunggak bayaran berbulan-bulan. Otomatis sekitar 8000 pelanggan tersebut dikenakan denda. Jadi satu rekening yang telah melewati tanggal 23 akan dikenakan denda Rp 17 ribu. Mungkin nilai ini terdengar kecil, namun justru Rp 17 ribu tersebut merupakan kenaikan tarif denda yang sebelumnya hanya Rp 3 ribu saja.

Tentu hal tersebut dapat merugikan anggaran rumah tangga kamu, bukan? Jadi sebisa mungkin kamu membayar tagihan rekening PDAM tepat waktu sehingga tidak ada yang dirugikan dari rumah tangga kamu, terutama anggaran kamu sendiri.

Tagihan Menumpuk

Perlu kamu ketahui bahwa semakin lama kamu menunda pembayaran tagihan PDAM, akan semakin tinggi tagihan serta denda yang akan menimpa kamu di bill tagihan. Oleh karena itu, agar anggaran kamu tetap sehat, alangkah baiknya kamu membayar langsung bila tagihan PDAM sudah keluar.  

Sambungan PDAM Langsung Diputus

Telat membayar PDAM selama tiga bulan akan berdampak buruk pada pemutusan sambungan PDAM ke rumah kamu sendiri. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rumah kamu tidak akan mendapatkan pasokan air bersih. Akan sangat menyulitkan bukan? Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membayar PDAM langsung bila tagihan sudah keluar.

Tidak Adanya Sumber Air Minum Bersih

Alhasil, bila sambungan PDAM di rumah kamu telah diputus kamu akan kesulitan untuk mendapatkan sumber air minum yang bersih. Aktivitas kamu juga akan menjadi lebih rumit dan pengeluaran tentu akan menjadi lebih banyak, bukan?

Nah, itulah empat kerugian yang akan menimpa kamu ketika lupa bayar PDAM tepat waktu. Bila kamu bingung dan tidak memiliki waktu untuk melakukan pembayaran, kini kamu dapat melakukannya secara online tanpa kenal ribet lewat Traveloka App. Fitur myBills pada Traveloka App merupakan fitur yang akan mempermudah kamu dalam melakukan pembayaran, dan yang pasti akan menghindari kamu dari denda yang dikenakan oleh PDAM.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami