Menang Oscar, Ini Latar Belakang Film Animasi Pendek Bao

Ibu yang memasak pangsit untuk suaminya itu menganggap bayi pangsit sudah sudah berada di mulut sebagai anaknya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  20:43 WIB
Loading the player ...
Film animasi Bao pemenang Oscar - Cinema for Kids

Bisnis.com, JAKARTA – Masih ingat film pendek Bao yang tayang dibioskop sebelum pemutaran Incredible 2 pada 2018? Ya, Bao akhirnya terpilih sebagai animasi pendek terbaik anugerah film Oscar 2019.

Film pendek berdurasi 8 menit ini mengisahkan tentang seorang ibu yang merindukan anaknya. Suatu kali dia memasak pangsit –salah satu makanan khas China- untuk penganan pagi dia dan suaminya. Namun, satu dari beberapa pangsit tersebut hidup.

Wanita itu terkejut dan seketika mengeluarkan kue bola dalam mulutnya. Setelah menatap sesaat, dia kemudian terenyuh dan menganggap bayi pangsit itu sebagai anaknya. Sang bayi pangsit lalu dirawat seperti anak sendiri. Sang ibu selalu ikut serta dalam berbagai rutinitas bayi pangsit itu termasuk saat akan sekolah.

Perlahan, bayi pangsit semakin dewasa. Sikap manja kepada sang ibu perlahan juga memudar. Apalagi kue itu mulai memiliki kekasih dan meninggalkan sang ibu yang membesarkannya. Sajian ini barangkali membuat sebagian penontonya mewek sebelum menyaksikan film utama, Incredible 2 di bioskop.

Sutradara Bao, Domee Shi adalah seorang wanita keturunan China – Kanada. Dia menciptakan karakter dalam film pendek tersebut setelah melihat bagaimana seorang ibu yang kesepian setelah ditinggal anaknya ketika dewasa. Kondisi ini umum dilakukan oleh sebagian anak yang beranjak dewasa untuk melanjutkan kehidupan di luar rumah orang tuanya.

Bbc.com menyebut debut Shi kali ini merupakan bagian dari penghormatan kepada hubungan yang memikat antara seorang wanita dengan sebuah pangsit yang hidup. Kisah ini terinspirasi oleh hubungannya dengan ibunya sendiri. Shi juga merasa bangga atas unsur budaya yang disampaikan dalam film tersebut.

Abcnews.go.com mengatakan Bao berkisah tentang seorang ibu Tionghoa yang kesepian dan kosong. Namun dia seperti mendapat semangat saat salah satu pangsitnya hidup sebagai anak bayi pangsit.

Sebelum menjadi bagian dari rumah produksi animasi Pixar, Shi hanya anak magang sekitar 7 tahun lalu. namun perlahan Shi berani membuat sebuah film pendek pertamanya. Walhasil selain mendapat penghargaan, Shi kini lebih berani untuk mengungkapkan kisah yang dimilikinya. Dia juga menjadi wanita pertama dalam keluarga Pixar yang menyutradarai film pendek.

Bao yang disutradarai Domee Shi mengalahkan sejumlah film animasi pendek lainnya, yaitu Animal Behavior karya Alison Snowden dan David Fine, Late Afternoo karya Louise Bagnal, One Small Step hasil kreasi Andrew Chesworth dan Booby Pontillas, dan Weekend karya Trevor Jimenez.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, piala oscar

Editor : Saeno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top