Inisiator kain jumputan Gambo Muba, Thia Yufada, menunjukkan kain tradisional tersebut ke pengunjung pameran./Istimewa
Fashion

Kain Jumputan Gambo Muba Eksis di Indonesia Fashion Week 2019

Dinda Wulandari
Kamis, 28 Maret 2019 - 14:57
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG – Kain jumputan Gambo Muba khas Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, berkonsep go green mulai dikenalkan di kancah nasional melalui ajang Indonesia Fashion Week 2019.

Inisiator Gambo Muba, Thia Yufada, mengatakan kain jumputan yang dipamerkan tersebut berbeda dengan yang lain karena proses pembuatannya mengusung semangat go green, yakni dengan pewarnaan alami menggunakan getah gambir.

“Getah gambir Muba merupakan getah gambir terbaik yang ada, jadi hasil olahan pewarna getah gambir kain jumputan gambo Muba memang menjadi buruan pecinta fesyen,” katanya, Kamis (28/3/2019).

Thia memaparkan saat ini sudah banyak inovasi gambo Muba yang dibuatkan beberapa produk yang tidak hanya fesyen kain jumputan dan jaket boomber yang kekinian.

“Jadi, sekarang sudah ada tas, payung, dan pernak-pernik untuk suvenir yakni kain jumputan yang didesain menjadi seperti hewan gajah. Nah, inovasi-inovasi produk gambo Muba ini akan terus ditambah ke depannya” jelasnya.

Dia melanjutkan saat ini sudah ada puluhan pelaku UMKM perajin Gambo Muba di Bumi Serasan Sekate. Bahkan, Thia mengklaim, saat ini saja produk Gambo Muba banyak yang pesan sehingga pengrajin harus membuat waiting list.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan pihaknya optimistis produk eco fesyen Gambo Muba dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Gambo Muba dan petani gambir di Muba.

“Ini juga bentuk komitmen Pemkab Muba dalam menjalankan ekonomi go green yang ramah alam,” katanya.

Bahkan, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumsel ini juga menambahkan UMKM berupa kain Gambo Muba saat ini sudah dipasarkan di kancah internasional.

“Saat ini saja, Gambo Muba sudah dibawa dan dipasarkan di beberapa negara di antaranya Perth-Australia, dan ke depan saya akan mengajak berbagai pihak yakni di antaranya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berdampingan memasarkan Gambo Muba dan membina pelaku UMKM nya ini supaya lebih dikenal lagi di negara-negara lain,” jelasnya.

Dodi menambahkan, PR ke depan dari produk Gambo Muba yakni harus siap untuk suplai ke depan jika Gambo Muba ini sudah menjadi tren.

“Jadi persiapan ke depan kita harus maksimal mempersiapkan bahan baku yakni di antaranya pohon gambir dan petani gambir itu sendiri untuk melancarkan pembuatan produk-produk Gambo Muba,” katanya.

Sebelumnya, produk Gambo Muba sudah bertengger di ajang fesyen lainnya, seperti Palembang Fashion Week pada Desember 2018 lalu, Asian Games Agustus 2018, Pameran Kriyanusa September 2018 dan dalam waktu dekat akan ikut serta ajang Inacraft.

"Keikutsertaan Gambo Muba di ajang IDFW 2019 kali ini untuk lebih mengenalkan lagi keberadaan jumputan Gambo Muba yang merupakan produk eco fashion baik di Indonesia sendiri maupun di mancanegara," ujar Inisiator Gambo Muba yang juga Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada.

Mantan Presenter Metro TV ini juga menjelaskan, keberadaan produk Gambo Muba ini juga sekaligus mengkampanyekan komitmen go green dan mengencarkan produk kearifan lokal asli Kabupaten Muba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro