Jantung/Boldsky
Health

5 Menit Latihan Pernapasan IMST Tingkatkan Kesehatan Jantung dan Otak

Eva Rianti
Senin, 15 April 2019 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian membuktikan bahwa teknik pelatihan kekuatan otot pernapasan atau inspiratory muscle strength training (ISMT) efektif untuk membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung dan otak.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hanya membutuhkan lima menit untuk latihan tersebut bisa meningkatkan tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan kinerja olahraga.

“IMST pada dasarnya adalah latihan kekuatan untuk otot-otot yang Anda hirup,” ujar Daniel Craighead, peneliti postdoctoral di Departemen Fisiologi Integratif Universitas Colorado Boulder, seperti dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Latihan pernapasan ini menggunakan perangkat genggam resistif yang disebut pelatih otot inspirasi. Perangkat ini dikembangkan untuk masalah pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, atau fibrosis kistik.  

Dalam uji klinis awal pada 2016, tim Craighead menemukan bahwa menggunakan perangkat pernapasan tersebut dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 12 milimeter merkuri. Setiap peserta uji klinis melakukan 30 inhalasi per hari.

Untuk melihat manfaat lebih lanjut dari IMST, para peneliti melakukan studi tindak lanjut yang berfokus pada kesehatan pembuluh darah, kognitif dan fisik dari 50 orang dewasa paruh baya.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan intervensi berbasis bukti yang efisien waktu yang benar-benar dilakukan oleh orang dewasa paruh baya yang sibuk,” kata peneliti senior Doug Seals, Direktur Fisiologi Integratif Anging Laboratorium Penuaan Universitas Colorado Boulder.

Tim menganalisis efek IMST dengan membandingkan kinerja orang-orang yang menggunakan teknik ini dengan mereka yang mengandalkan perangkat palsu yang tidak memberikan perlawanan pada saat penghirupan.

Hasil menunjukkan bahwa tekanan darah secara signifikan lebih rendah di antara peserta IMST dan fungsi arteri besar telah meningkat pesat. Peserta IMST juga berkinerja lebih baik pada tes kognitif dan tes treadmill daripada non peserta.

Dalam tes treadmill, mereka dapat berlari lebih lama sambil menjaga detak jantung dan konsumsi oksigen tetap rendah.

“IMST adalah jenis latihan yang dapat Anda lakukan dengan cepat di rumah atau di kantor, tanpa harus mengganti pakaian, dan sejauh ini sepertinya sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja kognitif dan fisik,” lanjut Craighead.

Para peneliti mempresentasikan studi mereka di konferensi Biologi Eksperimental tahunan di Orlando, Fla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro