Lambung/Istimewa
Health

Strategi Berpuasa untuk Penderita GERD

Tika Anggreni Purba
Selasa, 7 Mei 2019 - 11:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu penyakit yang menimbulkan keluhan seperti sakit mag adalah gastro-esophageal reflux disease (GERD).

Keluhan utamanya berupa sendawa dan rasa panas di belakang dada. Pada kondisi ini lambung mengalami reflux berulang ke dalam esofagus sehingga menyebabkan gejala yang mengganggu.

Pasien GERD biasanya bingung dalam menjalani Ramadan, karena umumnya gangguan lambung ini terjadi ketika pola makan tidak menentu dan menu makanan yang sensitif terhadap lambung.

Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta Juwalita Surapsari mengatakan bahwa untuk menjalani puasa, penderita GERD sebaiknya menghindari konsumsi makanan tinggi lemak.

"Baik maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang tinggal lama di lambung dan bikin begah, yaitu makanan tinggi lemak tadi,” katanya.

Di sisi lain, dia menganjurkan agar penderita GERD lebih mengenali makanan apa yang menyebabkan masalah pada lambung.

Artinya, orang tersebut harus mulai mendaftarkan jenis makanan apa yang aman bagi lambung dan makanan apa yang tidak aman bagi lambungnya.

Sebelum berpuasa, penderita GERD dapat mencoba makanan-makanan tertentu dan mendeteksi apakah makanan itu menimbulkan masalah pada lambungnya atau tidak. Hal ini penting karena terkadang makanan yang sensitif tidak selalu sama pada semua penderita GERD.

Kalau ternyata makanan tersebut membuat GERD kambuh, lebih baik tidak mengonsumsi jenis makanan itu lagi di masa mendatang, khususnya saat berpuasa.

“Tetapi, kalau tidak bermasalah, silakan masukkan itu ke dalam daftar makanan tadi,” ujar Juwalita.

Saat sahur dan berbuka puasa, penderita GERD tidak disarankan langsung melakukan makan besar.

 “Sebaiknya memulai makan dengan makanan porsi kecil terlebih dahulu agar lambung lebih mudah beradaptasi dengan makanan,” katanya.

Silakan mengonsumsi makanan bergizi lengkap. Untuk asupan karbohidrat, penderita GERD boleh mengonsumsi nasi merah dan umbu-umbian. Untuk jenis sayur dan buah, pastikan menyesuaikan dengan daftar makanan tadi.

Walau tidak semua orang mengalaminya, konsumsi buah apel, beberapa jenis pisang, nanas, tomat, brokoli sering menimbulkan keluhan pada penderita GERD.

Dia juga menyarankan agar penderita GERD menghindari kopi dan teh karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro