Pedagang memilih buah blewah untuk dijual kembali di gudang buah, Pasar Induk Gadang, Malang, Jawa Timur, Senin (6/5/2019)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto
Health

Menu Buka Puasa dan Sahur Penuh Nutrisi Anjuran Dokter

Tika Anggreni Purba
Selasa, 7 Mei 2019 - 00:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama berpuasa, seseorang harus menahan makan dan minum selama 13-14 jam sehari. Akan tetapi, bukan berarti kebutuhan nutrisi tidak dapat dipenuhi dengan baik. Justru, selama berpuasa tubuh tetap harus sehat karena asupan nutrisi yang dicukupi saat sahur dan berbuka.

Dokter spesialis gizi dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta Juwalita Surapsari mengatakan bahwa kebutuhan nutrisi yang dilengkapi harus lengkap sesuai panduang diet gizi sehat seimbang yakni terpenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai dengan kebutuhan kalori tiap orang.

Adapun, panduan praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa menurut anjuran dokter adalah sebagai berikut.

1.      Bangun pagi minum susu hangat/ air putih

Pada saat bangun pagi pertama kali, silakan minum air putih atau susu hangat.

2.      Sahur dengan makanan lengkap dan bergizi

Agar kadar gula darah tetap stabil dan tidak cepat turun saat berpuasa, sebaiknya makan sahur dilakukan mendekati jam imsak. Silakan makan makanan yang tinggi serat karena lebih memberikan efek kenyang lebih lama karena gula dilepas lebih perlahan di dalam tubuh. Selain itu makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung protein dan sedikit lemak.

3.      Batasi makanan manis saat berbuka

Boleh saja mengonsumsi makanan manis, tetapi pilih makanan yang mengandung gula tetapi tinggi serat seperti kurma. Lebih baik lagi kalau mengonsumsi makanan yeng mengandung protein seperti bubur kacang hijau. Batasi makanan yang indeks glikemik tinggi seperti makanan yang mengandung gula tambahan.

4.      Makan malam dengan menu lengkap

Saat makan malam, komposisinya harus lengkap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Untuk makan malam setelah berbuka puasa silakan mengonsumsi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mengandung serat seperti sayur, buah, umbi-umbian, nasi cokelat, nasi merah, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro