Menyampaikan Pesan dengan Serial Web

Serial web atau web series merupakan salah satu konten video popular dalam beberapa tahun terakhir yang lahir dari kemajuan teknologi dan internet. Mudahnya, serial web merupakan serangkaian video berepisode yang dirilis di internet menggunakan platform tertentu.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  23:19 WIB
Menyampaikan Pesan dengan Serial Web
Internet - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Serial web atau web series merupakan salah satu konten video popular dalam beberapa tahun terakhir yang lahir dari kemajuan teknologi dan internet. Mudahnya, serial web merupakan serangkaian video berepisode yang dirilis di internet menggunakan platform tertentu.

Serial web sendiri pada umumnya merupakan video singkat, dalam artian durasi dan jumlah episodenya. Satu video serial web biasanya berkisar antara 5-20 menit dan jumlah episodenya yang hanya sedikit mulai dari satuan hingga belasan saja.

Menariknya, apabila diamati dalam beberapa waktu terakhir, serial web banyak digunakan sebagai sarana promosi oleh perusahaan. Pada awal tahun ini saja, sudah ada beberapa perusahaan yang merilis serial web mereka. Sebut saja Running Girl dari Wardah, Janji dari Tropicana Slim, dan Perjalanan Tulola dari Tulola Jewelry.

Public Realtions Manager Wardah Elsa Maharani mengatakan bahwa serial web menjadi sarana yang pas bagi sebuah brand untuk menyampaikan pesan tertentu, khususnya yang lebih ditujukan bagi generasi milenial dengan gaya hidup yang serba digital.

“Engga bisa dipungkiri lagi sekarang milenial kan sukanya nonton video, makanya kami juga ingin terlibat dengan mereka melalui cara yang mereka sukai,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim. Menurutnya, saat ini platform video seperti Youtube mendapatkan memiliki lebih banyak engagement dari masyarakat, utamanya generasi muda yang banyak menjadi sasaran dari para perusahaan.

Selain itu, serial web juga dinilai memiliki berbagai keunikan dibandingkan dengan strategi promosi konvensional yang memungkinkannya lebih mudah diterima oleh masyarakat. Noviana menyebut, serial web bisa membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan perusahaan.

“Kami jadi bisa berkreasi untuk menghadirkan konten yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Kelebihan lainnya adalah fleksibel, artinya konten bisa lebih kita sesuaikan dengan kebutuhan in term of waktu tayang dan isi kontennya sendiri,” ujarnya.

Tantangan Tersendiri

Di sisi lain, Sutradara film Hilman Mutasi mengatakan bahwa pembuatan serial web merupakan pekerjaan yang berbeda dengan membuat film pada umumnya dan memiliki tantangan tersendiri.

Menurutnya, setiap serial web atau serial mini pasti punya pesan tersurat yang ingin disampaikan, sebagai bagian dari promosi perusahaan. Akan tetapi peramu film juga perlu sedikit mengaburkan pesan tersebut sehingga tidak terlalu mencolok tapi tetap sampai kepada para penonton.

Mini series ini bagi sebuah brand sangat menarik untuk menyampaikan pesan melalui story telling. Tinggal bagaimana penulis naskah dan sutradara bisa menyampaikan dengan finishing yang oke,” katanya.

Sutradara dan penulis naskah Yandy Laurens juga mengatakan bahwa menggarap serial web ibarat ungkapan ‘susah-susah gampang’. Mudahnya, cerita serial web cenderung memiliki cerita yang terfokus beda dengan film yang kompleks sehingga pembuatannya bisa lebih simpel.

Akan tetapi, karena memiliki format episode, penulis dan surtadara perlu memikirkan akhir cerita setiap episodenya dengan lebih detil agar dapat menimbulkan rasa penasaran kepada penonton, sehingga mereka terus mengikuti serial web dari awal hingga selesai.

Challenging-nya lebih ke membangun hub cerita yang gantung lah istilahnya, dan itu dilakukan di setiap episode. Selain itu, pembuatan serial web juga lebih dengan peralatan yang seadanya. Maksudnya tidak selengkap film,” tuturnya.

Yandy sendiri mengamini bahwa serial web merupakan salah satu konten yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Terlebih, mulai banyak bermunculan platform penyedia layanan streaming atau video on demand yang menyajikan berbagai konten menarik.

Oleh sebab itu, tak bisa dipungkiri bahwa serial web menjadi lirikan oleh para perusahaan untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan mereka dengan cara kekinian, sehingga bisa tersampaikan pada target konsumen mereka. Istilah yang sering disebut adalah strategi soft marketing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet, video

Editor : Sutarno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top