Robby Purba/ Bisnis-Eva Rianti
Entertainment

Tips Berolahraga Saat Puasa Ramadan dari Robby Purba

Eva Rianti
Sabtu, 11 Mei 2019 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga menjadi aktivitas yang perlu dikonsistensikan, meski pada bulan Ramadan. Dengan menjaga rutinitas berolahraga, kesehatan tubuh akan tetap prima seperti bulan-bulan lainnya di luar Ramadan.

Namun, olahraga yang dianjurkan dilakukan pada saat puasa Ramadan adalah olahraga ringan. Jika melakukan olahraga yang cukup berat, ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

Oleh sebab itu, olahraga ringan kerapkali direkomendasikan untuk dilakukan saat berpuasa, misalnya jogging, berjalan, ataupun bersepeda.

Konsisten untuk berolahraga saat berpuasa di bulan Ramadan kerapkali dilakukan oleh para artis ataupun influencer. Tak terkecuali, Robby Purba. Artis yang dikenal menyukai olahraga ini membagikan pengalamannya dalam berolahraga sewaktu berpuasa di bulan Ramadan.

Robby mengakui, olahraga merupakan persiapan pertama yang dilakukannya pada bulan suci Ramadan. Dia merencanakan untuk mengubah program olahraga dari yang biasanya gila-gilaan nge-gym menjadi olahraga yang lebih ringan.

“Jika pada bulan-bulan biasa melakukan lari, pada bulan Ramadan memilih untuk berjalan. Atau merencanakan treadmill yang biasanya enam menjadi tujuh atau delapan,” tuturnya, baru-baru ini.  

Menurutnya, olahraga memang harus bisa disempatkan, baik sebelum sahur maupun sebelum berbuka puasa.

“Misal menjelang sahur, jam 3-an, sepedaan dulu sekitar 30 menit, setelah itu sahur. Itu enak banget,” ceritanya.

Terkait durasi berolahraga, pembawa acara program religi ‘Rahasia Batin’ tersebut biasanya mengalokasikan waktu sekitar 30—45 menit per hari untuk berolahraga.

Dia mewanti-wanti untuk tidak berolahraga dengan durasi yang berlebihan. Pasalnya, dalam berolahraga ada batasan-batasan tertentu yang perlu dijalankan agar tidak ‘kesurupan’ berolahraga.

Robby melanjutkan, olahraga yang dilakukan pada bulan Ramadan bukan sekedar untuk membakar lemak yang ada di otot, tetapi untuk membakar lemak darah. 

“Artinya, yang ada di dalam darah perlu kita keluarkan dalam bentuk keringat karena makanan-makanan di bulan suci Ramadan cukup ‘jahat’. Apalagi menjelang hari Lebaran akan banyak makan opor, jadi harus membersihkannya dari sekarang,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro