Ragam Manfaat Gizi Ikan Tilapia

Asupan gizi seimbang harus dipenuhi dengan menu makan yang tepat. Salah satu sumber makanan bergizi adalah konsumsi ikan.
Tika Anggreni Purba | 23 Mei 2019 14:16 WIB
Daging ikan tilapia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Asupan gizi seimbang harus dipenuhi dengan menu makan yang tepat. Salah satu sumber makanan bergizi adalah konsumsi ikan.

Seperti yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), ikan merupakan salah satu sumber pelengkap untuk gizi seimbang.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang mudah diolah dan kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Baik ikan air tawar maupun ikan laut, semuanya memiliki manfaat tersendiri.

Beberapa ikan lebih enak kalau diolah melalui digoreng, seperti ikan bandeng. Beberapa ikan lainnya lebih enak jika dibakar atau diberikan bumbu.

Salah satu ikan yang rasanya enak walau diolah dengan berbagai macam cara adalah ikan tilapia. Ikan yang mengandung protein tinggi ini mudah diolah untuk berbagai macam makanan dalam berbagai kesempatan.

Tilapia merupakan spesies ikan cichlid dari suku Tilapiine cichlid. Tilapia dapat ditemukan di alam liar, juga termasuk komoditas perikanan yang dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

Selain tinggi protein dan rendah lemak, ikan tilapia juga kaya dengan vitamin D. Ikan ini juga mengandung vitamin B12, kalium, selenium, fosfor, omega-3, omega-6, dan niasin.

Salah satu produsen ikan tilapia adalah Regal Springs yang telah berdiri sejak 1988.

Regal Springs Indonesia merupakan bagian dari Regal Springs Group yang merupakan produsen ikan tilapia yang telah mengekspor 90 persen produknya ke luar Indonesia.

Kini produk ikan tilapia Regal Springs juga tersedia di pasar domestik Indonesia sebagai produk ikan premium sumber protein tinggi berkualitas.

Budidaya ikan tilapia di danau di Sumatra Utara dan beberapa waduk air jernih di Jawa Tengah dilakukan dengan teknik jaring apung, yakni sistem budidaya perikanan air tawar yang ramah lingkungan.

Jika Anda ingin mengonsumsi tilapia, masaklah ikan dengan berbagai pilihan olahan seperti digoreng, dibakar, ataupun dimasak dengan bumbu. Bagaimanapun cara memasaknya, jangan lupa mengambil manfaat dari tilapia.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
protein, ikan, gizi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top