JELAJAH JAWA BALI 2019 : Mudik Bawa Bayi, Jangan Lupa Bawa Ini!

Bagi keluarga baru, momentum mudik Lebaran akan menjadi saat yang spesial, terutama ketika untuk pertama kalinya membawa bayi mengunjungi keluarga di kampung halaman.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  15:20 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019 : Mudik Bawa Bayi, Jangan Lupa Bawa Ini!
Bayi sehat - marketwatch.com

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi keluarga baru, momentum mudik Lebaran akan menjadi saat yang spesial, terutama ketika untuk pertama kalinya membawa bayi mengunjungi keluarga di kampung halaman.

Sebelum membawa bayi mudik Idulfitri, jangan lupa perhatikan untuk bawa barang-barang ini ya!

1. Popok

Sebelum berangkat mudik, orang tua wajib memastikan untuk membawa popok untuk ganti di sepanjang perjalanan. Bawalah yang cukup untuk menghindari kehabisa di tengah perjalanan.

2. Kain Bedong

Jika ingin membawa bayi yang usia di bawah 3 bulan, jangan lupa membawa serta kain bedong, untuk menjaga bayi tetap hangat.

3. Pakaian ekstra

Dalam perjalanan mudik, bayi harus tetap makan meskipun si orang tua berpuasa. Atau kemungkinan pakaian bayi terkena kotoran. Nah, untuk mengantisipasi kalau pakaian bayi kotor, jangan lupa membawa pakaian ekstra untuk ganti dalam keadaan darurat.

4. Mainan dan buku

Perjalanan mudik bisa saja sangat panjang, karena macet atau karena jarak kampung halaman yang jauh. Agar tidak bosan, orang tua bisa membawa mainan anak seperti boneka atau bawa buku cerita. Ini juga untuk menghindari agar anak tidak terus-terusan menggunakan gadget.

5. Perlengkapan Mandi

Jika mudik untuk jarak yang jauh, jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi bayi. Orang tua punya kesempatan memandikan bayi ketika badannya sudah kotor, dari makanan atau kotoran, di sela-sela perjalanan seperti di Rest Area.

7. Gendongan

Setibanya di kampung halaman, membawa bayi untuk keliling ke rumah sanak saudara akan lebih mudah jika membawa gendongan. Stroller atau kereta bayi cenderung tidak direkomendasikan karena akan memakan tempat dan berat.

Gunakan gendongan dengan hipseat supaya beban bayi terdistribusi dengan baik sehingga tidak terlalu membebani orang tua yang menggendong

8. Obat-obatan

Satu hal lagi, yang paling penting adalah membawa obat-obatan. Perjalanan jauh dengan suhu mobil atau kendaraan lainnya yang tidak teratur membuat bayi bisa rentan lelah dan sakit. Padahal bayi tidak bisa meminum sembarangan obat, jadi yang satu ini tak boleh ketinggalan.

**

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 : Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bayi, Jelajah Jawa-Bali

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top