6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan: Tunda Penuaan Dini hingga Kontrol Gula Darah

Untuk alasan religius, banyak muslim di Indonesia yang menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadan. Tujuannya adalah menerima berkah dari Tuhan yang diturunkan pada Hari Raya Lebaran mendatang.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  13:05 WIB
6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan: Tunda Penuaan Dini hingga Kontrol Gula Darah
Ilustrasi - Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk alasan religius, banyak muslim di Indonesia yang menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadan. Tujuannya adalah menerima berkah dari Tuhan yang diturunkan pada Hari Raya Lebaran mendatang.

Meski begitu, puasa juga memiliki beberapa manfaat kesehatan akibat absennya makanan dan minuman yang dikonsumsi selama beberapa jam. Dikutip dari TimesofIndia, berikut adalah alasan mengapa berpuasa sangat bermanfaat dari segi kesehatan.

Mengontrol gula darah

Puasa sangat disarankan bagi orang yang memiliki masalah gula darah seperti diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan 10 orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2 menemukan bahwa beberapa dari mereka berhasil menurunkan kadar gula darah dalam waktu singkat semenjak berpuasa. Menghindari makanan dan minuman dalam beberapa jam ternyata dapat mengurangi kadar insulin dan sel glukosa dalam darah bergerak secara aktif.

Melindungi sistem kekebalan tubuh

Dengan berpuasa, sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat dan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa penelitian kesehatan menemukan kalau berpuasa dapat mengurangi inflamasi dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Baik untuk jantung

Masalah kardiovaskular adalah penyakit paling umum di dunia yang dapat menyebabkan kematian, namun berpuasa nyatanya bisa mengurangi risiko tersebut. Peneliti kesehatan menyebutkan menyempatkan diri untuk berpuasa dalam beberapa hari dapat berpengaruh pada kesehatan jantung seperti mengurangi tekanan darah dan level trigliserida.

Mengurangi berat badan

Bukan hanya mengurangi porsi makan, tidak makan dan minum selama beberapa jam dalam sehari ternyata bisa membantu mengurangi berat badan. Studi menunjukkan kalau dengan berpuasa, keseluruhan metabolisme akan meningkat dan bisa berpengaruh pada proses penurunan berat badan.

Menunda penuaan dini

Berpuasa juga sangat bermanfaat bagi penampilan dan kecantikan bagi para kaum hawa. Dengan berpuasa, Anda bisa menunda penuaan dini pada wajah seperti keriput dan kulit kendur.

Membantu proses pencernaan

Dengan sama sekali tidak makan dan minum dalam beberapa jam, Anda bisa membantu pencernaan beristirahat untuk beberapa saat mengolah makanan yang hasilnya juga nanti akan bisa dirasakan dengan maksimalnya kerja sistem pencernaan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diabetes, Puasa, Ramadan, gula darah

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top