Ditinggal ART, Andien Aisyah Bahu-Membahu Bereskan Rumah Bersama Suami

Penyanyi Andien Aisyah telah terbiasa ditinggal oleh asisten rumah tangga (ART) ketika momen Lebaran.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  09:46 WIB
Ditinggal ART, Andien Aisyah Bahu-Membahu Bereskan Rumah Bersama Suami
Andien Aisyah ketika tampil di Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/3/2019). - Bisnis/Tika Anggreni Purba

Bisnis.com, JAKARTA – Lebaran tinggal menghitung hari. Menjelang hari yang fitri itu, warga Muslim sibuk membenahi dan merapikan rumah agar lebih nyaman dan hangat bagi penghuni rumah maupun tamu-tamu yang datang bersilaturahmi.

Bagi sejumlah kalangan artis atau figur publik, momen tersebut menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kebanyakan dari mereka ditinggal mudik oleh Asisten Rumah Tangga (ART) sehingga perlu mempersiapkan taktik untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagian artis menggunakan jasa pembantu infal yang secara fleksibel bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan urusan rumah tangga.   

Namun, ada pula yang lebih memilih mengerahkan anggota keluarga untuk bekerja sama membenahi dan mendesain rumah. Contohnya, penyanyi Andien Aisyah.

Dia bercerita setiap tahunnya sudah terbiasa ditinggal oleh ART pada momen Lebaran. Oleh karena itu, Andien sudah memiliki trik untuk menghadapi kondisi tersebut dan tampaknya tidak terlalu kesulitan mengurusi rumah tanpa ART maupun jasa infal.

“Yang pasti aku enggak mungkin melakukan sendiri. Harus bahu-membahu sama suami. Yang jelas, satu hal yang dilakukan supaya enggak menumpuk yaitu diselesaikan one by one. Misalnya ada barang yang dipindahin langsung dibalikin ke tempat semula, atau piring habis dipakai langsung dicuci,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Pelantun lagu Moving On ini tak menampik banyak hal yang memang berubah ketika asisten-asistennya mudik. 

Oleh karena itu, prinsip yang dipegangnya adalah jangan sampai baru membereskan ketika kondisi rumah sudah berantakan, melainkan harus dieksekusi secara langsung dan berangsur-angsur. Artinya, menyelesaikan pekerjaan satu per satu menurutnya cukup efektif, termasuk hal-hal yang kecil.

Untuk pembagian tugas, mulai dari bersih-bersih, berbelanja, dan mengurus anak, Andien mengaku tidak ada pembagian yang pasti. Namun, untuk memasak biasanya dilakukan oleh ibunya, sedangkan selebihnya dilakukan bersama dengan sang suami.

“Masak minta bantuan ibu. Kadang juga lebih banyak pesan online. Terus yang lainnya semua bisa dilakukan secara berbarengan. Enggak ada pembagian khusus, siapa yang lagi bisa ya dikerjakan,” ujar ibu satu anak ini.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
selebritas, lebaran

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top