Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Relationship

Selalu Merasa Takut Mengecawakan Orang Lain? Begini Cara Mengatasinya

Tika Anggreni Purba
Jumat, 14 Juni 2019 - 08:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam hubungan dengan orang lain, sangat wajar jika kita peduli atau sedikit khawatir dengan penilaian orang lain terhadap diri kita.

Bahkan pada sebagian orang, perasaan takut mengecewakan orang lain tampaknya dianggap menjadi sesuatu yang positif. Hal ini dianggap sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang kepada orang lain yang tidak ingin dikecewakan.

Akan tetapi, jika kepedulian itu berubah menjadi ketakutan akan mengecewakan orang lain, tentu ada yang salah dalam pola berpikir Anda. Ketakutan untuk mengecewakan orang lain merupakan emosi negatif yang dapat menggerogoti kebahagiaan Anda sendiri.

Bagaimana caranya menaklukkan perasaan takut yang tidak sehat ini? Berikut strateginya dilansirLife Hack:

1. Terimalah kenyataan bahwa Anda tidak dapat memuaskan orang lain

Tujuan hidup Anda sebagai manusia bukanlah untuk menyenangkan semua orang. Jika Anda selalu ingin menyenangkan orang lain, Anda akan sering merasa gagal ketika orang tidak merasa senang. Setiap orang memiliki nilai yang berbeda mengenai kesenangan dan kebahagiaan, dan Anda tidak bisa menyamakan semua itu. Anda tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang.

2.  Keluar dari zona nyaman

Sebagian orang merasa nyaman dengan sikap ingin menyenangkan orang lain. Namun, persoalannya, kenyamanan itu dapat menghalangi pertumbuhan pribadi Anda. Jangan merasa nyaman dengan rasa takut bahwa Anda akan mengecewakan orang lain. Doronglah diri Anda untuk keluar dari zona nyaman, misalnya dengan belajar mengungkapkan perasaan Anda kepada orang lain yang selama ini Anda takut mengecewakannya.

3. Analisis perilaku Anda

Cobalah untuk mengenali perilaku dan reaksi Anda selama ini. Apakah Anda adalah tipikal orang yang selalu cemas ketika memikirkan perasaan orang lain? Apakah Anda selalu takut mengecewakan orang lain?

Refleksi ini akan membantu Anda untuk melihat lebih dalam dengan perspektif yang lebih luas. Pemahaman yang baru mengenai hubungan akan Anda temukan seiring dengan pengenalan akan diri sendiri.

 4.  Jangan ambil hati reaksi dari orang lain

Anda sering kali takut akan reaksi orang lain karena khawatir bahwa penyebab kekecewaan mereka adalah Anda. Padahal, sering kali alasannya bukanlah Anda atau bahkan tidak ada hubungannya dengan Anda. Jangan menganalisis situasi dengan reaksi yang berlebihan dan menarik semuanya seolah-olah itu adalah kesalahan Anda.

5.      Mengevaluasi nilai diri Anda

Jika Anda ingin melepaskan rasa takut mengecewakan orang lain, pastikan untuk mencari tahu apa alasan sebenarnya. Cobalah untuk mengevaluasi diri Anda, mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi nilai, prinsip, kekuatan Anda. Jika Anda tidak memahami nilai diri sendiri, Anda akan selalu terjebak dengan keinginan untuk menyenangkan orang lain dan takut mengecewakan mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro