Fashion

RSPI Bintaro Jaya Konsisten Pada Konsep Green Building

Eva Rianti
Jumat, 2 Agustus 2019 - 04:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan hidup ramah lingkungan kian mendapat perhatian. Salah satunya oleh pengelola gedung yang menciptakan konsep green building dalam proses perencanaan, pembangunan, hingga perawatan gedung. 

Salah satu gedung yang menggunakan konsep tersebut adalah gedung Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya. Rumah sakit yang beroperasi sejak April 2017 ini mengedepankan konsep green and homey serta pemanfaatan konsep rumah kaca demi penghematan energi.

Chief Executive Officer Rumah Sakit Pondok Indah Group Yanwar Hadiyanto mengungkapkan bahwa konsep green building pada Rumah Sakit Pondok Indah akan dikembangkan.

“Sejak perencanaan awal, RS Pondok Indah Bintaro Jaya memang akan menambah jumlah gedung seiring dengan pertumbuhan rumah sakit. Konsep green building tersebut akan diaplikasikan juga pada proses perencanaan, pembangunan, dan perawatan gedung baru nanti,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Yanwar menjelaskan bahwa konsep green building pada RSPI Bintaro Jaya berupa efisiensi dan konservasi energi.

Hampir seluruh area rumah sakit tersebut memanfaatkan konsep rumah kaca dengan jendela, mulai dari area lobi utama, ruang rawat inap, hinga ruang praktik dokter.

Pengaplikasian konsep tersebut dinilai tidak hanya memungkinkan cahaya dari luar lebih leluasa masuk ke dalam bangunan, tetapi juga mengurangi penggunaan lampu, terutama pada pagi dan siang hari. Adapun, penggunaan lampu LED menambah pengoptimalan penghematan energi.

Selain itu, bangunan RS Pondok Indah Bintaro Jaya juga mengadopsi konsep sustainable sites initiative (SITES) untuk pembuatan lansekap area terbuka hijau. 

Pada perawatan pada area terbuka hijau yang ada di lantai 5 tersebut, Yanwar menjelaskan adanya penggunaan air daur ulang dari pengelolaan limbah cair dari unit IPAL (instalasi pengelolaan air limbah) dan air kondensat AC gedung.

Sedangkan untuk mengurangi gas polutan berbahaya, digunakan HEPA (high efficiency particulate air) filter untuk udara yang berasal dari ruang isolasi sebelum dibuang ke udara luar.

Konsep tersebut mendapatkan apresiasi dari dunia internasional. Rumah sakit ketiga yang berada di bawah naungan RS Pondok Indah Group ini  menjadi finalis kategori Health-Completed Buildings dalam ajang penghargaan bertajuk World Architecture Festival 2019.

“Di masa mendatang, kami terus berusaha untuk menambah penerapan konsep green building ini dalam lebih banyak aspek lagi,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro