Gedung Intiland Tower (kanan)/Bisnis.com-Andhika
Fashion

Menilik Konsep Green Building Ala Intiland Tower

Eva Rianti
Jumat, 2 Agustus 2019 - 16:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Melihat kondisi alam yang kian memprihatinkan, konsep ramah lingkungan menjadi hal yang penting diberlakukan di berbagai tempat, tanpa terkecuali di gedung-gedung perkantoran.

Melalui konsep green building, gedung-gedung perkantoran turut berkontribusi menerapkan konsep ramah lingkungan.  

Intiland Tower merupakan salah satu gedung yang menerapkan konsep ramah lingkungan. Tak sekedar menawarkan ruang bisnis yang dinamis, Gedung perkantoran milik PT Intiland Development Tbk tersebut turut dirancang dengan suasana yang asri.

Sekretaris Perusahaan PT Intiland Development Tbk Theresia Rustandi mengatakan bahwa konsep dari Intiland Tower adalah memanfaatkan kondisi lokal dan kearifan arsitektur lokal sehingga menghasilkan rancangan gedung yang unik dan berkonsep green living.

Setidaknya ada dua hal yang memengaruhi implementasi dari kondisi lokal dan kearifan arsitektur lokal, yakni kadar panas matahari dan tingginya curah hujan.

Kondisi tersebut membuat sang arsitek, Paul Rudolph mendesain Intiland Tower, terkhusus atapnya seperti rumah tradisional Indonesia.  

“Di situlah arsiteknya mengatakan bahwa berat panas matahari dan tinggi curah air hujan bisa diatasi dengan pola atap yang berbentuk seperti tritisan, atapnya miring,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Theresia menjelaskan, atap berbentuk miring tersebut ditemani dengan teras yang cukup luas. Teras-teras yang lengkap dengan kesegaran vertikal garden ini bukan sekedar teras biasa, tetapi mempunyai fungsi meminimalisir terik atau silaunya matahari pada lantai di bawahnya. Gedung ini tidak perlu menggunakan kaca rayban sehingga terang dan penggunaan listrik tidak banyak.

“Karena itu pula penggunaan energi menjadi efisien, terutama energi listrik, seperti pendingin ruangan atau AC. Ada satu konsultan bertugas menghitung penggunaan energi listrik saat ini dan bagaimana melakukan efisiensi supaya turun penggunaan energinya. Dia bilang ini [Intiland Tower] sudah sangat efisien,” jelasnya.  

Selain itu, tentu yang menjadi standar perawatan sebuah gedung juga sudah diterapkan oleh Intiland Tower, seperti masalah recycle water, penampungan air hujan, serta berbagai maintenance yang bersifat reguler, harian, hingga bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro