Rayakan 50 Tahun Album The Beatles, Ratusan Orang Padati Abbey Road

Ratusan orang berkumpul di Abbey Road, zebra cross paling terkenal di dunia, Kamis 8 Agustus 2019 untuk menandai peringatan ke-50 group band The Beatles menciptakan salah satu sampul album paling terkenal dalam sejarah musik.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  16:29 WIB
Rayakan 50 Tahun Album The Beatles, Ratusan Orang Padati Abbey Road
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan orang berkumpul di Abbey Road, zebra cross paling terkenal di dunia, Kamis 8 Agustus 2019 untuk menandai peringatan ke-50 group band The Beatles menciptakan salah satu sampul album paling terkenal dalam sejarah musik.

Foto John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr melangkah di atas penyeberangan pejalan kaki di Abbey Road diambil di luar EMI Recording Studios di mana mereka membuat album dengan judul yang sama.

Untuk menandai peringatan tersebut, perusahaan rekaman itu menghadirkan paket khusus 'Abbey Road' yang menampilkan campuran baru dari 17 lagu dalam stereo dan 23 rekaman sesi dan demo, akan dirilis pada 27 September oleh Apple Corps / Capitol / UMe.

Fotografer Skotlandia, Iain Macmillan, hanya mengambil enam foto group banda tersebut di zebra cross legendaris tersebut. Foto kelima kemudian digunakan sebagai sampul album studio band ke-11, yang dirilis pada 26 September 1969.

Gambar menunjukkan Lennon dalam setelan putih memimpin teman-temannya menyeberang jalan. Starr mengenakan setelan hitam sementara McCartney bertelanjang kaki, keluar dari tangga dan memegang rokok. Harrison memakai denim biru. Volkswagen Beetle diparkir di latar belakang.

Orang dalam The Beatles sekaligus mantan eksekutif Apple Records, Tony Bramwell mengatakan, tidak ada seorang pun pada saat itu yang benar-benar menyadari bahwa 'Abbey Road' akan menjadi salah satu rilis terakhir grup band itu.

'Let It Be' adalah album Beatles terakhir, tetapi sebagian besar direkam sebelum 'Abbey Road'.

"Dalam istilah budaya itu menjadi ikon; lengan baju, lagu, kisah di balik lagu," kata Bramwell, seperti dilansir Reuters, Jumat (9/8/2019).

Dia mengatakan ide asli untuk foto itu adalah milik McCartney. Ditanya mengapa McCartney bertelanjang kaki, yang menjadi subjek perdebatan tanpa akhir untuk para penggemar, dia menjawab karena panas sekali.

Abbey Road, yang terpilih sebagai album Beatles terbaik oleh pembaca Rolling Stone pada 2009, adalah satu-satunya album asli Inggris grup itu yang tidak menunjukkan nama band maupun judul di sampulnya.

Album ini adalah yang terakhir yang direkam oleh keempat anggota band bersama-sama, dan mencakup lagu yang ditulis oleh masing-masing, termasuk 'Come Together' oleh Lennon, 'Here Comes the Sun' oleh Harrison, 'Maxwell's Silver Hammer' oleh McCartney, dan Starr 'Octopus's Garden'.

Kurang dari setahun setelah Abbey Road dirilis, band musik rock terlaris ini bubar, mengakhiri revolusi musik selama satu dekade yang mengubah musik populer dunia.

Studio-studio itu, yang kemudian dinamai Abbey Road, dan persimpangan zebra di London utara diberikan status dilindungi oleh pemerintah pada 2010.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
the beatles

Editor : Sutarno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top