6 Jenis Buah dan Sayur yang Seharusnya Tak Dijadikan Jus

Meski jus segar adalah pilihan minuman yang sehat, namun ada beberapa jenis jus dari berbagai buah dan sayur yang tidak seharusnya Anda konsumsi.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 16 September 2019  |  09:27 WIB
6 Jenis Buah dan Sayur yang Seharusnya Tak Dijadikan Jus
Jus nanas - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Meski jus segar adalah pilihan minuman yang sehat, namun ada beberapa jenis jus dari berbagai buah dan sayur yang tidak seharusnya Anda konsumsi.

Beberapa jenis buah dan sayuran ini harusnya tidak masuk ke dalam blender karena akan menyebabkan efek yang tak sehat bagi tubuh.

Dikutip dari Times of India, berikut buah dan sayur yang harusnya tidak dijadikan jus:

1. Nanas

Nenas memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang jika dikonsumsi akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun jika dijadikan jus, kandungan yang baik dalam nenas akan hilang. Nenas yang menjadi jus hanya akan mengandung banyak gula yang membuat level kadar insulin Anda meningkat.

2. Pir

Meski pir adalah buah yang lezat untuk dijadikan jus, namun membuat pir sebagai jus adalah pilihan yang salah apalagi jika Anda sensitif pada fruktosa. Pir mengandung sorbitol, yakni gula yang sebenarnya tidak dapat dicerna, sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, pembuangan gas yang berulang kali, hingga diare.

3. Bayam dan Kale

Meski bayam dan kale memiliki nutrisi yang baik dalam sayuran yang akan diduga akan menjadi minuman yang sehat jika dijadikan jus. Faktanya, bayam dan kale memiliki kandungan oksalat yang tinggi yang jika dikonsumsi akan berdampak buruk dalam kesehatan seperti risiko rentan terhadap penyakit batu ginjal.

4. Kulit jeruk

Banyak orang yang berinovasi dengan menggabungkan kulit jeruk dengan jeruk asli untuk dijadikan jus yang sebenarnya baik untuk kesehatan. Kulit jeruk diketahui memiliki kandungan yang dapat membuat iritasi sistem pencernaan Anda.

5. Brokoli

Percaya atau tidak, meski brokoli adalah pilihan populer untuk jus detoks namun sayuran rendah kalori ini susah untuk dicerna. Memang, brokoli mengandung mikronutrisi yang tinggi seperti vitamin C, K1 dan potasium namun mengonsumsi brokoli dalam bentuk cairan dapat membuat gas tertumpuk dan keram di bagian perut.

6. Apel

Mengonsumsi apel dalam bentuk buah asli ternyata jauh lebih sehat dibanding mengonsumsinya dalam bentuk jus. Salah satu alasan mengapa jus apel tidak aman untuk dikonsumsi adalah bijinya yang mengandung amygdalin, yang bisa jadi berbahaya bagi metabolisme dan sistem pencernaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sayuran, buah

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top