4 Tips Jadi Ibu untuk Keluarga Bahagia

Menjadi seorang ibu dituntut untuk memiliki kesiapan secara fisik dan mental. Para ibu masa kini harus lebih pintar mengatur strategi agar sukses memberikan yang terbaik untuk keluarga, diantaranya asupan gizi, kesehatan hingga keperluan pribadi. Pada saat yang sama, para ibu juga harus merasa bahagia.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 26 September 2019  |  12:18 WIB
4 Tips Jadi Ibu untuk Keluarga Bahagia
Ilustrasi - Babypost

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam mengelola rumah tangga, perempuan memainkan peran yang sangat penting. Tidak hanya mengurus keperluan rumah, tidak sedikit diantaranya yang juga merangkap sebagai pekerja profesional.

Menjadi seorang ibu dituntut untuk memiliki kesiapan secara fisik dan mental. Para ibu masa kini harus lebih pintar mengatur strategi agar sukses memberikan yang terbaik untuk keluarga, diantaranya asupan gizi, kesehatan hingga keperluan pribadi. Pada saat yang sama, para ibu juga harus merasa bahagia. Bagaimana caranya agar sosok ibu dapat menjadi pribadi yang sukses dalam mengurus rumah tangga dan juga tetap bahagia? Simak 5 tips berikut ini.

1. Minta Bantuan Orang Lain

Hanya karena Anda seorang ibu, bukan berarti memiliki kekuatan super yang dapat menyelesaikan segala hal sendirian. Terlebih bila Anda juga merangkap seorang pekerja dan memiliki anak kecil yang memerlukan pengawasan lebih. Carilah bantuan untuk meringankan beban Anda, misalnya dengan menggunakan jasa bantuan asisten rumah tangga. Selain itu, jangan ragu untuk sharing.

Bangun komunikasi yang baik dengan suami misalnya untuk saling bekerja sama mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau bisa juga berkenalan dengan ibu-ibu di sekitar rumah. Dengan demikian dapat membantu mengembalikan kepercayaan diri sambil menghibur Anda kembali.

2. Tetap Miliki Me Time

Kesibukan Anda sehari-hari baik di rumah maupun dalam pekerjaan sangat menyita waktu. Ketika seluruh tanggung jawab sudah terlaksana, maka ini waktunya Anda untuk memanjakan diri sebagai reward.

Pergilah ke mal, salon atau sekedar ke cafe untuk memanjakan diri sekaligus menikmati waktu untuk diri Anda sendiri. Lakukan hal-hal yang Anda suka yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, atau cobalah sesuatu yang baru untuk mengembalikan energi Anda.

3. Cari Kegiatan Tambahan yang Menghasilkan

Bagi Anda yang tidak bekerja, bukan berarti harus menutup diri dan berhenti berkreasi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat mengikuti kelas online untuk berbagai macam workshop yang kemudian dapat menambah skill untuk memulai bisnis. Dengan demikian Anda bisa memiliki penghasilan sendiri, tanpa harus keluar rumah.

4. Atur Waktu untuk Family Time

Komunikasi dengan keluarga tentunya perlu untuk dijaga agar setiap anggota keluarga dapat mengambil peran dan bertanggung jawab atas perannya masing-masing di rumah. Selain itu, family time membuat Anda lebih dekat dengan keluarga dan mengetahui kondisi diri masing-masing. Usahakan Anda memiliki waktu makan malam bersama setiap malam atau ajak keluarga untuk pergi ke pusat perbelanjaan sambil menonton bioskop bersama.

Hal yang lebih sederhana, Anda dapat menikmati waktu senggang di rumah sambil bersantai menonton televisi dan menikmati santapan nikmat yang Anda kreasikan sendiri, tanpa beban bersama suami dan anak-anak.

Menjadi ibu yang sukses dan bahagia menjadi hak setiap perempuan. Dengan strategi yang cerdas seperti membuat variasi rutinitas, pergi ke luar rumah, melakukan hobi bersama keluarga, atau sekedar membuat kreasi hidangan untuk keluarga, para ibu akan menjadi lebih bahagia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
keluarga

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top