5 Kiat Wapres Jusuf Kalla agar Tetap Sehat dan Bugar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi satu dari sedikit warga senior yang tetap bugar dalam usianya yang memasuki 77 tahun.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 04 Oktober 2019  |  15:56 WIB
5 Kiat Wapres Jusuf Kalla agar Tetap Sehat dan Bugar
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi satu dari sedikit warga senior yang tetap bugar dalam usianya yang memasuki 77 tahun.

Aktifitas politisi senior ini seringkali sangat padat. Di tengah kesibukan sebagai wakil presiden, Jusuf Kalla juga aktif dalam kegiatan sosial sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Dewan Masjid Indonesia hingga menjadi juru damai bagi sejumlah negara berkonflik.

Untuk menjaga kesehatan dirinya, Jusuf Kalla dalam peluncuran program kesehatan dan pencegahan penyakit di Gedung Universitas Indonesia di Salemba Jakarta, Jumat (4/10/2019) menyebutkan sejumlah upaya agar tetap sehat:

1. Bergerak
Menurut JK, bergerak merupakan aktifitas utama yang harus dilakukan. Aktifitas ini tidak saja dalam bentuk olahraga akan tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari.

"Sekarang makan tinggal telpon. Tidak memasak. Tidak bergerak," katanya.

2. Makan yang seimbang
Kunci menjaga kesehatan selanjutnya adalah memperhatikan asupan makanan pada tubuh. Jusuf Kalla menekankan saat ini bukan hanya pemenuhan makanan empat sehat lima sempurna yang jadi perhatian akan tetapi kecukupan zat gizi yang akan masuk ke tubuh.

3. Tidur cukup
Langkah selanjutnya dalam menjaga kesehatan tubuh adalah memastikan tubuh tetap beristirahat dengan cukup. Meski begitu, JK tidak menjelaskan berapa lama waktu istirahat tidur yang biasa ia lakukan.

4. Hindari Stres
Tekanan berbagai persoalan yang dihadapi dapat membuat stres. Untuk itu JK memiliki prinsip untuk berpatokan mencari solusi, bukan memikirkan masalah.

5. Periksa kesehatan
Ini merupakan langkah terakhir dalam menjaga hidup sehat. Pemeriksaan rutin dilakukan sebagai rangkaian terakhir dalam siklus menjaga kesehatan agar tetap optimal.


Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jusuf kalla

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top