Kondisi Hamil Besar Ternyata Aman untuk Beraktivitas Fisik

Pertanyaan ini mungkin saja ada dalam benak Anda saat ini karena banyak dari ibu hamil yang tidak disarankan untuk banyak bergerak saat kondisi hamil tua.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 07 November 2019  |  17:56 WIB
Kondisi Hamil Besar Ternyata Aman untuk Beraktivitas Fisik
Ilustrasi ibu hamil - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bolehkah melakukan aktivitas fisik seperti menari dalam kondisi hamil besar? Pertanyaan ini mungkin saja ada dalam benak Anda saat ini karena banyak dari ibu hamil yang tidak disarankan untuk banyak bergerak saat kondisi hamil tua.

Namun, dr Prima Progestian, CEO Smartplus Consulting Indonesia sekaligus juga dokter kandungan yang kesehariannya praktik di RS Muhammadiyah Taman Puring Jakarta, menyebutkan menari sebenarnya bukan masalah yang berarti bagi ibu yang tengah hamil tua.

“Menari sebenarnya nggak ada halangan asal hindari yang sifatnya aerobik. [Melakukan aktivitas aerobik] pada hamil besar bisa sebabkan ketuban pecah, perdarahan, plasenta lepas atausolusio, dan lain-lain,” ujar dr Prima saat dihubungi Bisnis pada Kamis (7/11/2019).

Selanjutnya, dr. Prima menerangkan aktivitas fisik malah disarankan selama tidak mengidap salah satu penyakit tertentu. Jenis olahraga yang ia sarankan berikutnya adalah berjalan dan olahraga ringan.

“Aktivitas fisik sebetulnya tidak masalah, kok. Selama tidak ada komplikasi pada ibu janin,” tegasnya.

Ia bahkan menerangkan ibu yang sedang hamil tua tidak perlu bed rest atau hanya tidur dalam beberapa hari jika memang merasa sehat.

“Ya, jalan dan olahraga ringan sangat dianjurkan. Tidak perlu bed rest hingga buang air besar dan buang air kecil di tempat tidur, jika memang merasa sehat,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hamil

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top