Entertainment

Lukisan Potret Mozart Dibanderol Miliaran Rupiah

Dionisio Damara
Kamis, 14 November 2019 - 09:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lukisan potret komposer asal Austria Wolfgang Amadeus Mozart yang dibuat pada 1770 akan dijual oleh rumah lelang Christie's Paris dalam rentang harga US$882.000 - US$1,32 juta atau sekitar Rp12 miliar hingga Rp18 miliar. 

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/11/2019), Karya seni yang dikaitkan dengan pelukis Italia Giambettino Cignaroli itu menampilkan sosok Mozart berusia 13 tahun yang sedang memainkan harpsichord dan mengenakan wig putih serta mantel rok merah. 

Kepala departemen Old Masters di Christie's Paris, Astrid Centner-d'Oultremont, mengatakan bahwa karya seni ini merupakan satu dari empat potret yang dibuat selama masa hidup Mozart dan menjadi bagian dari koleksi pribadi. 

"Ini adalah salah satu lukisan yang sangat langka yang kita ketahui tentang sejarah sejak awal," ujar Centner-d'Oultremont, dalam sebuah wawancara dengan Reuters TV. Menurut rencana, lukisan itu akan dilelang pada 27 November mendatang.

Potret minyak di atas kanvas tersebut dibuat ketika Mozart sedang berpergian ke Italia untuk melanjutkan pendidikan artistiknya. Potret itu pun dibuat oleh perintah Jenderal Venetian Pietro Lugiati setelah Mozart melakukan konser di Verona pada Januari 1770. 

"Pietro Lugiati sangat terkesan dengan bakat Mozart muda ketika dia bepergian di Italia dengan ayahnya," kata Centner-d'Oultremont. 

Mozart lahir pada 1756 di Salzburg, Austria, dan meninggal pada 5 Desember 1791 saat berusia 35 tahun dan telah menghasilkan lebih 600 karya. Beberapa karyanya yang terkenal adalah "The Marriage of Figaro" dan "Requiem".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro