Entertainment

Dari Melukis, Butet Kartaredjasa Menemukan Kebahagiaan

Dionisio Damara
Jumat, 22 November 2019 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seniman Butet Kartaredjasa mengatakan bahwa melukis merupakan terapi kesehatan sekaligus menjadi ruang berbahagia bagi pria yang kini menginjak usia 58 tahun tersebut. 

"Saya ini sudah diabetes dan jantung. Oleh karena itu, psikis saya enggak boleh down, harus happy. Dengan melukis saya menemukan kegembiraan," kata Butet saat ditemui di sela-sela pameran lukisannya bertajuk "Lanksap Luar Dalam", di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, melukis digambarkan sebagai sebuah ventilasi, yang membuatnya mampu menemukan udara kegembiraan. Dari kegiatan tersebut, Butet senantiasa produktif saat memiliki waktu senggang di rumahnya. 

Pameran yang berlangsung pada 21 November hingga 21 Desember 2019 ini sekaligus menjadi momentum perayaan ulang tahun Butet yang ke-58. Bagi Butet, dia tidak pernah menargetkan usianya panjang umur. 

"Saya itu, sejak umur sebelum 50 tahun, menargetkan umur itu pendek-pendek. Itu stimulus karena dengan menyadari waktunya pendek, saya harus kerja keras. Jadi nafas saya juga pendek-pendek, tidak terlalu ambisius," kata Butet. 

Adapun dalam pameran tersebut, Butet dan Widiyatno menghadirkan karya menggunakan medium cat air di atas kanvas. Lebih dari 70 karya dihadirkan dalam pameran tersebut. 

Kurator pameran, Suwarno Wisetrotomo, mengatakan bahwa pameran ini juga sebagai simbol jalinan persahabatan antara Butet dan Widiyatno yang telah berkolaborasi selama 10 tahun dalam membuat komik di salah satu media massa nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro