Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Memilih Karier yang Tepat

Memilih karier yang tepat bisa saja sulit, namun memiliki arah karier yang jelas akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 November 2019  |  16:08 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Memilih karier yang tepat bisa saja sulit, namun memiliki arah karier yang jelas akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan.

Dengan sedikit kerja keras, beberapa perencanaan, dan perenungan serius, Anda bisa menempatkan diri pada jalan menuju karier yang memberi Anda kepuasan dan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga.

Untuk mempertimbangkan karir apa yang tepat untuk Anda, berikut menurut saran dari wikihow :

Pertimbangkan Ketertarikan Anda

A. Pertimbangkan karier impian Anda. Ada pepatah lama yang mengatakan ketika Anda sedang berusaha memilih karier, Anda harus memikirkan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tidak harus bekerja. Bila Anda memiliki satu miliar rupiah dan Anda bisa melakukan apa saja, apa yang akan Anda lakukan? Jawaban Anda pada pertanyaan tersebut, walaupun mungkin secara harfiah bukan karier terbaik, bisa memberikan pandangan apa yang seharusnya Anda lakukan.
 
B.  Pertimbangkan hobi Anda. Sangat mudah untuk mengubah hobi atau sesuatu yang Anda cintai menjadi karier masa depan. Banyak hobi berhubungan dengan kebutuhan dan posisi di dunia nyata. Pikirkanlah apa yang suka Anda lakukan dan bagaimana supaya hobi tersebut bisa menjadi sebuah karier.Misalnya, bila Anda suka main game, pertimbangkanlah untuk menjadi desainer video game, programmer, atau spesialis QA.
 
C. Pertimbangkan apa yang Anda nikmati ketika di sekolah. Mata pelajaran akademik sangat berguna untuk karier masa depan tapi mungkin Anda harus mendapatkan pendidikan lebih dari pada jenis karier yang lain. Pelajaran favorit Anda semasa SMA bisa dengan sangat baik mengantarkan Anda pada karier masa depan namun Anda harus bersedia mewujudkannya.

Pertimbangan Keterampilan 

A. Pikirkan apa yang menjadi keunggulan Anda di sekolah. Pikirkan tentang mata pelajaran yang Anda kuasai di sekolah. Walaupun itu mungkin bukan sesuatu yang favorit untuk Anda lakukan, memilih karier berdasarkan keterampilan bisa membantu Anda unggul di bidang itu dan memberi Anda masa depan yang aman.Lihatlah contoh pada langkah sebelumnya bila Anda membutuhkan ide dalam hal ini.
 
B. Pertimbangkan keterampilan apa yang Anda kuasai. Bila secara khusus Anda bagus pada keterampilan tertentu, seperti memperbaiki atau membuat sesuatu, ini bisa memberi Anda karier masa depan yang bagus. Pendidikan lebih lanjut mungkin atau mungkin tidak diperlukan, tetapi tenaga kerja terampil biasanya diperlukan dan Anda akan mendapati bahwa mencari pekerjaan di bidang ini cukup mudah.

C. Pertimbangkan keterampilan interpersonal Anda. Bila keterampilan Anda lebih terletak pada komunikasi dengan orang lain, ada banyak juga pekerjaan untuk Anda. Orang yang memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi yang baik dengan orang lain bisa dengan mudah berkarier sebagai pekerja sosial atau dalam bidang pemasaran dan posisi bisnis serupa.Bila Anda lebih seperti tipe yang senang mengurus orang lain, pertimbangkanlah bidang keperawatan atau bekerja sebagai asisten administratif atau manajer kantor
 
D.  Bila Anda tidak tahu, bertanyalah. Kadang sulit bagi kita untuk melihat bidang apa dalam hidup yang kita kuasai. Bila Anda tidak merasa bagus dalam hal apa pun, tanyakan pada orang tua, anggota keluarga lain, teman-teman, atau guru Anda tentang apa yang menurut mereka Anda kuasai. Ide mereka mungkin akan membuat Anda terkejut!
 
Pertimbangkan Keadaan Anda Saat Ini

A. Eksplorasi diri sendiri. Untuk mengetahui apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup kadang memerlukan pengenalan diri yang lebih baik. Bila Anda menginginkan karier yang benar-benar membuat Anda bahagia, Anda harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda nikmati. Untuk beberapa orang, ini berarti meluangkan waktu khusus untuk memutuskan apa yang penting bagi mereka.Tak ada yang salah dengan ini, jadi jangan khawatir. Lebih penting bagi Anda untuk menentukan arah hidup Anda sedini mungkin, dari pada menceburkan diri dalam karier yang membuat Anda membenci hidup Anda.
 
B. Pertimbangkan situasi finansial Anda. Kemampuan Anda untuk mengejar atau mengubah karier mungkin bergantung pada situasi keuangan. Beberapa jalur karier memerlukan pendidikan khusus dan terkadang biayanya mahal. Namun, jangan merasa bahwa tidak ada biaya menghalangi Anda untuk mendapatkan pendidikan yang Anda inginkan. Ada banyak program pemerintah yang bisa membantu Anda membayar biaya pendidikan, seperti beasiswa, hibah, dan program magang.
 
C.  Pikirkan tentang pendidikan yang harus Anda miliki ketika menerjuni sebuah karier. Penting untuk mempertimbangkan pendidikan apa yang sudah Anda miliki atau akan Anda miliki ketika Anda mulai mengejar suatu karier. Bila keuangan menghalangi Anda untuk mengejar pendidikan lebih, Anda mungkin harus mempertimbangkan pendidikan yang sudah Anda miliki. Mungkin Anda harus tetap pada tingkat pendidikan SMA atau gelar perguruan tinggi bila ada keterbatasan atau halangan lain. Bila Anda menemukan ada batasan pekerjaan yang berkaitan dengan tingkat pendidikan yang Anda miliki, bicarakan dengan konsultan karier untuk menemukan pilihan apa yang tersedia untuk Anda.

D. Pikirkan untuk kembali ke sekolah. Bila batasan tidak menghalangi Anda untuk mengejar pendidikan lebih, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan ini. Tidak semua orang unggul di sekolah atau memerlukan pendidikan dari perguruan tinggi, namun kebanyakan jalur karier berkaitan dengan pelatihan yang bisa Anda lakukan dan ini akan membantu karier Anda maju lebih cepat.Politeknik, misalnya, mungkin adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang memilih untuk tidak mengejar pendidikan di perguruan tinggi tradisional.
 
E. Lakukan riset lebih banyak. Bila Anda masih bingung, pertimbangkan untuk melakukan lebih banyak riset pada topik ini.
 
Pertimbangan Masa Depan 

A. Pertimbangkan karier yang Anda miliki akses ke dalamnya. Pertimbangkan pilihan karier apa yang tersedia untuk bisa Anda masuki dengan mudah. Ini adalah karier di mana Anda memiliki keterampilan yang diperlukan dan juga “orang dalam”. Misalnya bekerja pada perusahaan yang sama dengan orang tua Anda, bekerja pada bisnis keluarga, atau bekerja untuk seorang teman. Bila pilihan Anda terbatas, maka memilih karier yang bisa Anda masuki dengan mudah mungkin adalah pilihan terbaik.
 
B. Pertimbangkan keamanan finansial Anda di masa depan. Salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah apakah jalur karier yang Anda pilih akan memberi Anda tingkat keamanan finansial yang pantas. Dengan kata lain, apakah Anda akan bisa menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga?Ingatlah, ini bukan berarti banyak uang atau cukup uang menurut standar orang lain. Yang penting cukup untuk Anda dan apa yang Anda inginkan dalam hidup.
 
C. Pertimbangkan stabilitas pekerjaan Anda di masa depan. Hal yang juga penting adalah mempertimbangkan stabilitas karier di masa depan. Pasar kerja berfluktuasi karena masyarakat membutuhkan hal yang berbeda di masa yang berbeda. Beberapa pekerjaan tertentu selalu dibutuhkan dan yang lainnya sering tidak stabil. Anda harus mempertimbangkan apakah karier yang Anda pilih cukup stabil untuk Anda dan keinginan Anda untuk masa depan.

D. Bacalah buku panduan karier. Salah satu cara untuk menilai pilihan karier adalah dengan melihat informasi di buku panduan karier. Ini adalah panduan yang berisi statistik, informasi pendidikan apa yang dibutuhkan untuk berbagai pekerjaan, berapa penghasilan rata-rata orang yang berkarier di bidang itu, dan bagaimana kecenderungan permintaan pada pekerjaan itu, naik atau turun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir

Sumber : Wikihow

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top