Apoteker, dosen, dan peneliti di Sekolah Farmasi ITB/Istimewa
Health

Buang 'Mantan' Obat Pada Tempatnya

Ilma Nugrahani, Peneliti di Sekolah Farmasi ITB
Rabu, 18 Desember 2019 - 17:20
Bagikan

Penanganan Obat Harus Diatur Lebih Ketat

Dari catatan pertama hingga ketiga, dapat diperoleh gambaran bahwa baik obat kedaluwarsa, non-kedaluwarsa, obat palsu, atau ilegal, masih berpotensi untuk punya aktivitas yang mengganggu dan merusak lingkungan sehingga penanganan limbahnya harus diatur dan diawasi dengan lebih ketat.

Pada dasarnya, masing-masing obat memiliki aktivitas dan reaktivitas yang berbeda sehingga memerlukan perlakuan yang berbeda juga untuk masing-masing produk sediaan obat. Oleh karena itu catatan ke empat adalah saran, alangkah lebih baiknya jika ditambahkan aturan pembuangan obat pada kemasan, leaflet, dan brosur sediaan obat yang akan diedarkan.  

Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat membaca dan mengetahui cara pemusnahan dari sumber pertama. Selain itu dapat disiapkan aplikasi yang memuat index nama sediaan obat dan informasi secara rinci cara pemusnahannya agar lebih memudahkan insan kesehatan dan masyarakat pengguna obat untuk mengaksesnya.

Penutup

Dengan cepat polusi melingkupi seluruh semesta, dari dasar lautan, cakrawala, daratan, udara, hingga lapisan atmosfer selanjutnya merasuk hingga ke cairan dan inti sel zarah hidup.

Melalui pernafasan, sentuhan, dan sengaja maupun tidak masuk secara bebas melalui makanan, dan obat. Pelahan tapi pasti kerusakan alam terus berlangsung, mengikuti peta transformasi termodinamika yang secara alamiah spontan dengan entropi positif.

Namun demikian, perkembangan rekayasa teknologi, termasuk obat, bagaimanapun adalah senjata pendukung kehidupan manusia. Obat adalah hasil peradaban dan komoditas terpenting ke dua setelah pangan, yang memiliki manfaat selain bahaya.

Jadi, alangkah lebih baik jika poin pemahaman terhadap cara pemusnahan obat lebih diperkuat dengan sosialisasi yang lebih intensif dan menambahkan penjelasan aturan buang dalam kelengkapan syarat pendaftaran dan peredaran obat jadi. Agar manfaat dapat ditingkatkan, dan bahayanya dapat diredam.

Dengan kesadaran masyarakat dan dukungan Pemerintah terhadap pembuangan limbah obat, di-cita-cita-kan Indonesia makin sehat manusianya, dan lestari alamnya ….

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro