Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Positif dari Berpikir Negatif

Gagasan bahwa berpikir negatif dapat memiliki sifat-sifat baiknya mungkin mengejutkan bagi sebagian orang. Bukankah kita harus fokus pada hal positif?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Desember 2019  |  14:01 WIB
Ilustrasi - Candornews
Ilustrasi - Candornews

Bisnis.com, JAKARTA - Pendapat jika berpikir negatif bisa memberikan dampak positif pasti tidak dipercaya oleh banyak orang.

Karena, nyaris semua orang berpikir harus selalu berpikir positif dalam kehidupannya, agar selalu bahagia.

Menumbuhkan emosi positif seperti rasa terima kasih, kebaikan, dan cinta memiliki banyak manfaat. Kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, hubungan yang lebih baik, kreativitas, umur panjang, bahkan sistem kekebalan yang lebih kuat ini hanya beberapa dari banyak hasil bahagia dari emosi dan sikap positif yang telah dikonfirmasi oleh penelitian selama beberapa dekade.

Tapi ternyata ada beberapa manfaat utama dari berpikir negatif dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda mendekati kehidupan dengan cara yang lebih positif, meskipun ironis kelihatannya.

Untuk menjadi jelas, berpikir negatif disini tidak berkaitan dengan kemarahan, sinisme, ketidakberdayaan, atau kesedihan dalam semua atau banyak situasi. "Pemikiran negatif," sebaliknya, berarti kemampuan untuk melihat potensi sisi gelap orang, ide, tempat, dan hal-hal, dalam rangka menanggapi mereka secara realistis dan melindungi diri.

Tentu saja, hidup akan menjadi hal yang buruk jika kita hanya melihat kekurangan dan kekurangan dari setiap situasi. Tetapi sedikit pemikiran negatif bisa menjadi alat untuk bertahan dan berkembang dalam hidup. Berikut adalah beberapa keutamaan dari pola pikir negatif:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi

Sumber : psycology today

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top