Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Mudah Siapkan Menu Bergizi Untuk Anak

berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang yang ditandai dengan besarnya angka stunting dan obesitas pada anak.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  10:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Gizi tidak seimbang menjadi salah satu permasalahan yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data dari Riskesdas 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang.

Di satu sisi banyak anak yang kekurangan gizi sehingga menyebabkan stunting. Adapun di sisi lain, tidak sedikit pula anak yang kelebihan kalori sehingga kelebihan berat badan atau obesitas. Orang tua memiliki peran besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sesuai dengan program kementerian kesehatan dengan kampanye Isi Piringku.

Dokter Gizi Diana F Suganda mengatakan dalam porsi makanan yang dianjurkan sesuai Isi Piringku, adalah setengah piring terdiri dari buah dan sayur, dan setengah piring sisanya adalah sumber karbohidrat dan lauk-pauk dengan proporsi seimbang.

Namun kadang kala orang tua kesulitan memenuhi tersebut karena anak yang cenderung pilih-pilih makanan. Untuk mengatasinya, seorang ibu harus cerdas dan kreatif mengolah berbagai macam menu makanan.

“Di sinilah peran penting orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk anak. Kalau anak tidak mau, terus saja mencoba sampai menemukan menu yang pas dan bergizi seimbang,” ujarnya.

Hernie Rahardja, Director of Foods & Bevarages PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan untuk mengukur manfaat dari program ini, Unilever melalui Royco bekerjasama dengan IPB University melakukan penelitian untuk melihat adanya perubahan perilaku dari para Ibu sebagai indikator efektivitas implementasi program.

"Royco Nutrimenu mengedukasi dan membekali para ibu dengan buku harian yang berisi beragam menu masakan sesuai Isi Piringku selama 21 hari," ujarnya.

Royco Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 bahan pangan masa depan untuk menginspirasi Ibu mempersiapkan masakan yang lezat, sehat dan terjangkau. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau.

“Program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang,” tuturnya.

Program Royco Nutrimenu sudah berjalan sejak 2019 dan telah menjangkau 120.000 Ibu dan remaja di Indonesia, khususnya daerah dengan tingkat prevalensi tinggi untuk ketidakseimbangan gizi. “Di tahun 2020, Royco berkomitmen untuk membantu permasalahan gizi dengan menjalankan edukasi Royco Nutrimenu secara berkelanjutan dengan target 500.000 santri dan 150.000 para Ibu di Indonesia,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top