Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pameran Instalasi Dolorosa Sinaga, 40 Tahun Aktivisme

Bertempat di Ruang Serbaguna Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, berlangsung peluncuran perdana buku Dolorosa Sinaga: Tubuh, Bentuk, Substansi, pada 31 Januari–11 Februari 2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 02 Februari 2020  |  13:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA  - Bertempat di Ruang Serbaguna Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, berlangsung peluncuran perdana buku Dolorosa Sinaga: Tubuh, Bentuk, Substansi, pada 31 Januari–11 Februari 2020.

Rangkaian acara peluncuran buku ini menyajikan gugus kegiatan seperti peluncuran buku Dolorosa Sinaga: Tubuh, Bentuk, Substansi yang diselenggarakan pada Jumat, 31 Januari 2020 pukul 19:00 WIB di Ruang Serbaguna, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Kemudian, ada pula kaleidoskop pameran instalasi 40 Tahun Aktivisme Seni Dolorosa Sinaga dalam merekam perjalanan artistik sang perupa selama lebih dari empat dasawarsa.

Di mana pameran instalasi ini berlangsung pada 31 Januari–11 Februari 2020 pukul 10:00–19:00 WIB di Gedung B, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

"Saya ingin mengajak anda memaknai perbedaan, sekaligus membayangkan bagaimana proses dialektis antara karya seni dan pemirsanya itu terjadi hingga menjadi pengetahuan berharga," ungkap Dolorosa.

Selain itu, terdapat pula seminar bertajuk ‘Seni, Aktivisme, Reproduksi yang dibuka dengan ceramah utama oleh Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai informasi, Dolorosa Sinaga adalah salah seorang pematung utama di Indonesia. Sebagai lulusan pertama Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ, kini Institut Kesenian Jakarta, IKJ) yang kemudian mengajar di almamaternya itu sampai kini, ia adalah figur sejarah Fakultas Seni Rupa IKJ.

Di samping itu, ia dikenal sebagai aktivis hak asasi manusia yang bergiat dalam advokasi kemanusiaan dan mobilisasi komunitas epistemik. Sebagai seniman, ia telah berkarya lebih dari empat dasawarsa dan menciptakan lebih dari 600 karya.

Sampai kini, karya-karyanya diburu para kolektor nasional dan internasional, bukan hanya karena nilai artistiknya tetapi juga karena kemampuannya menyuarakan pesan-pesan kemanusiaan yang tak mampu diungkapkan melalui kata-kata.

Dolorosa Sinaga tidak membatasi dirinya pada praktik artistik seni. Baginya, seni perlu hadir dan menjangkau luas semua spektrum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran pameran
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top